Sepaket Intel Optane + SSD NVMe Super Kebut

Sepaket Intel Optane + SSD NVMe Super Kebut

Share

Intel kembali mengeluarkan inovasi yang keren untuk komputer. Intel Optane Memory H10 digabungkan dengan penyimpanan data SSD dalam sebuah PCB M.2 2280. Intel Optane Memory H10 dibuat dengan sangat kompak dan ringan, karena Intel menyasar pasar notebook. Intel Optane Memory H10 M.2 2280 menggunakan interface PCIe X4 dan NVMe 1.3. Komponen pada PCB terbagi menjadi 2 bagian, yaitu setengah untuk Intel Optane dan setengah lagi untuk Intel QLC 3D NAND yang memiliki kepadatan 33% lebih tinggi daripada SSD 3D NAND biasa.

Intel memberikan contoh perbandingan performa pada low queue depth antara Intel Optane Memory H10 dan SSD tradisional. Intel Optane Memory H10 memiliki kemampuan write dan read pada low queue depth sebesar 55k IOPs. Sedangkan pada sequential write dan speed, Intel Optane Memory H10 memberikan hasil 2400 dan 1800 MB/s. Intel Optane Memory H10 memiliki umur penggunaan 300 TBW dan diberikan garansi selama 5 tahun. Untuk penggunaan sehari-hari, Intel mengklaim, pengguna akan merasakan peningkatkan kecepatan yang luar biasa dibandingkan SSD tradisional, seperti: kecepatan membuka dokumen akan meningkat 2 kali lipat, menjalankan game 60% lebih cepat, dan membuka file media 90% lebih cepat.

Intel Optane Memory H10 akan tersedia secara OEM untuk notebook mulai pertengahan tahun 2019. Beberapa merek yang diperkirakan menggunakan teknologi Intel Optane Memory H10 adalah Asus, Dell, dan HP. Intel Optane Memory H10 akan meningkatkan kemampuan prosesor Intel Core seri U yang dikenal irit baterai.

Artikel Terkait: