Ketahui Negara – Negara yang Melarang PUBG, Indonesia Salah Satunya ?

Ketahui Negara - Negara yang Melarang PUBG, Indonesia Salah Satunya ?

Share

Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang melarang PUBG (di Aceh). Ternyata, PUBG juga dilarang dimainkan di beberapa Negara. Memang kepopulerannya membuat jumlah pemainnya terus bertambah. Mulai dari anak-anak bahkan sampai orang dewasa. Namun, beberapa negara berikut memiliki alasan tersendiri.

Diketahui, beberapa alasan yang paling utama adalah penggunaan kekerasan yang menjadi titik berat game survival yang satu ini. Dengan pertimbangan yang demikian, beberapa negara memutuskan untuk melarang warga negaranya memainkan PUBG.

Ketahui Negara - Negara yang Melarang PUBG, Indonesia Salah Satunya ?

Berikut penulis telah merangkum negara-negara mana saja yang melarang game PUBG dilansir dari berbagai sumber.

  1. China

Di China, setidaknya ada 20 game online yang dilarang. Dilansir dari Fox Sports Asia, beberapa game yang dilarang adalah PUBG, League of Legends, dan Fortnite: Battle Royale.

Online Ethics Review Committee di bawah pemerintah Tiongkok menemukan adanya kekerasan mengenai peraturan social dan etnis pada awal Desember 2018.

Sejak itulah PUBG menjadi permainan yang dilarang di Negeri Tirai Bambu.

  1. India

Ternyata, PUBG dilarang untuk dimainkan di beberapa wilayah di India. Menurut salah satu media di India, Navbharat Times, PUBG adalah `wabah` yang mengubah anak-anak menjadi `manorogi` atau psikopat.

Dalam penjelasannya pada edisi Maret 2019, mereka menyebut bahwa “banyak anak yang kehilangan keseimbangan mental mereka.”

Beberapa wilayah India yang melarang PUBG adalah Gujarat. Bahkan orang tua dan pengajar dipersilakan membawa anak yang kecanduan game PUBG ke polisi.

The Verge melaporkan bahwa pada pertengahan Maret lalu polisi menangkap 10 siswa karena bermain PUBG.

Pelarangan ini bermula dari aduan orang tua dan guru karena PUBG dianggap mengajarkan kekerasan dan mengganggu proses belajar.

  1. Nepal

Nepal Telecommunication Authority mengumumkan larangan dan pemblokiran PUBG pada 11 April 2019. Dikutip dari Screen Rant, karena peraturan baru ini, polisi berhak menangkap siapapun yang ketahuan bermain PUBG.

Tak hanya sampai situ, penyedia layanan internet juga berpotensi mendapat sanksi bila member akses untuk permainan ini.

  1. Irak

Inilah negara yang baru saja melarang game PUBG.

Media Reuters melaporkan, berkaitan dengan efek negatif dari beberapa game elektronik untuk kesehatan, budaya, dan keamanan masyarakat Irak.  Termasuk ancaman social dan moral untuk generasi muda. Akhirnya pemerintah melarang PUBG untuk dimainkan di Irak.

Itulah beberapa negara yang melarang PUBG untuk dimainkan oleh warga negara mereka. Apakah Indonesia suatu saat akan ikut melarang game ini?

Artikel Terkait: