Penyebab Discord Server Down dan Cara Mengatasinya !

Penyebab Discord Server Down dan Cara Mengatasinya !

Share

Bagi kalian yang sering mengalami masalah saat menggunakan aplikasi Discord, kali ini saya akan membahas penyebab Discord server down dan cara mengatasinya. Seperti yang kita ketahui, Discord merupakan aplikasi yang cukup populer saat ini dan saya rasa semua gamers pasti memilikinya. Dengan fitur – fitur yang dimilikinya, aplikasi ini sangat membantu para gamers untuk mendapatkan teman game atau sekedar berdiskusi masalah game. Dan jangan salah, aplikasi ini bukan hanya berlaku di Indonesia saja, tapi kalian juga bisa berhubungan dengan para gamers di seluruh dunia.

Aplikasi keren besutan Discord.inc ini memang sudah banyak dikenal, dan telah didownload lebih dari 50 juta pengguna di Google Play Store. Semakin banyaknya pengguna aplikasi, tentu wajar jika server sering mengalami masalah. Masalah yang sering terjadi dan membuat pengguna tidak nyaman adalah masalah server down. Bagi kalian yang belum tahu, masalah server down bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut.

Penyebab Server Down :

  1. Jumlah Pengguna yang Tak Terkendali (Viral Effect)

Memang benar jika semakin populer aplikasi, maka semakin banyak juga pengguna yang berinteraksi menggunakan aplikasi tersebut. Pengguna yang ada juga tidak hanya berada dalam satu negara, sehingga pengembang harus menemukan cara agar server tetap stabil meskipun digunakan oleh banyak orang.

  1. Data Center Down

Kesalahan data center yang mengalami down juga bisa mengakibatkan ketidakstabilan aplikasi. Jika kesalahan ini terjadi, maka kita sebagai pengguna tidak bisa berbuat apa – apa karena hanya developer yang bisa memperbaiki masalah ini.

Berikut Penyebab Discord Server Down dan Cara Mengatasinya !

Cara mengatasi server down :

  1. Hapus Cache

Cache merupakan file – file sampah yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh sistem. Kalian harus menghapus cache sebagai salah satu upaya untuk mengembalikan kinerja aplikasi. Caranya mudah, buka App Manager -> Discord -> Clear Cache.

  1. Login Ulang

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan melakukan login ulang akun Discord. Kalian bisa me-logout akun discord, kemudian masuk lagi menggunakan akun yang sama. Dengan melakukan cara ini, server akan merefresh akun yang kalian miliki.

  1. Install Ulang Aplikasi

Jika cara pertama dan kedua tidak berhasil, kalian bisa meng-install ulang aplikasi discord di smartphone kalian. Lakukan Uninstall Aplikasi menggunakan App Manager, kemudian download lagi menggunakan Google Play Store atau AppStore di HP kalian.

  1. Laporkan ke Pengembang

Pengembang memiliki peran penting dalam perbaikan suatu aplikasi. Dengan mengirim laporan masalah ke Pengembang, maka kalian juga akan membantu pengembang dalam mengatasi masalah tersebut. Laporan masalah yang kalian alami bisa kalian kirimkan melalui e-mail resmi ke pihak Discord.inc.

So, itulah tadi beberapa penyebab discord server down dan cara mengatasinya. Sangat mudah bukan ? Dengan mengetahui informasi ini, diharapkan kalian bisa melakukan upaya – upaya tersebut untuk mengatasi masalah yang kalian hadapi. Dan perlu diingat, tips – tips yang saya berikan hanya dapat digunakan untuk mengatasi penyebab nomor 1 saja, karena untuk penyebab dari server sendiri kita tidak bisa melakukan upaya apa pun. Well, thanks for reading and have a nice day !

Artikel Terkait: