Cek IMEI Android, Begini Cek Paling Mudah Anti Ribet !

Cek IMEI Android, Begini Cek Paling Mudah Anti Ribet !

Share

Mau tau cara cek IMEI android kalian tanpa ribet dan paling mudah ? Begini rahasianya ! IMEI adalah nomor identitas yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Communications Association (GSMA) yang disusun secara unik alias berbeda – beda tiap unit ponsel  untuk setiap slot kartu (SIM Card) yang dikeluarkan produsen ponsel. Jika suatu ponsel memiliki dua slot SIM Card atau ganda, maka ponsel tersebut juga memiliki IMEI ganda pada perangkatnya.

Dan perlu diketahui bahwa semua nomor IMEI suatu perangkat yang akan diedarkan di Indonesia akan didaftarkan terlebih dahulu ke Kemenperin (Kementrian Perindustrian). Ini berarti jika android kalian ilegal, maka nomor IMEI android kalian tidak terdaftar dalam database Kemenperin. Hayoo ! Legal bukan ? Simak cara cek nomor IMEI dan ke-legal-annya di bawah ini yuk !

Cek IMEI Android, Begini Cek Paling Mudah Anti Ribet !

Ada beberapa cara untuk mengecek nomor IMEI pada suatu perangkat yang kalian miliki.

  1. Kalian bisa menuju ke setting atau pengaturan perangkat. Lalu pilih pilihan yang menjurus ke IMEI. Misal dalam handphone yaitu pilih “About Phone” maka akan muncul IMEI.
  2. Mengecek langsung pada kardus perangkat saat kalian pertama membelinya dulu.
  3. Membuka bagian belakang yang digunakan untuk menempatkan baterai pada perangkat kalian. Tersedia IMEI di sebelah dalamnya.

Nah, untuk perangkat android, ada cara cek nomor IMEI yang bisa dilakukan dalam waktu singkat atau bahkan dalam satu detik saja. Berikut ini caranya.

  1. Silahkan pergi ke menu dial atau menu untuk mengetik nomor ponsel.
  2. Kemudian ketik *#06# pada menu dial tersebut dan akan muncul seketika nomor IMEI perangkat kalian di layar ponsel.

Selanjutnya untuk mengecek legalitas dari perangkat kalian. Kalian bisa melakukan langkah – langkah berikut.

  1. Pertama, catat nomor IMEI yang telah kalian dapat dari cara di atas.
  2. Lalu buka browser yang ada di perangkat kalian dan buka website Kemenperin di link berikut https://imei.kemenperin.go.id. Karena Kemenperin yang mencatat semua nomor IMEI perangkat yang beredar di Indonesia secara legal atau resmi.
  3. Selanjutnya masukkan nomor IMEI kalian ke kolom cek IMEI. Jika legal, maka akan muncul tulisan “nomor IMEI tersedia dalam database Kemenperin”.

Itu dia teman – teman cara cek IMEI android anti ribet dan dijamin paling mudah. Selain itu, kalian juga bisa cek legalitas perangkat kalian di Kemenperin seperti cara yang sudah dipaparkan di atas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya. Thanks and see ya !

Artikel Terkait: