Jenis Garansi Komponen Komputer Indonesia

Jenis Garansi Komponen Komputer Indonesia

Share

Saat ini, komponen komputer di Indonesia merupakan barang impor yang dilakukan oleh distributor maupun perusahaan pemegang merek. Hal ini menyebabkan semua komponen komputer memiliki beberapa jenis garansi, selain garansi resmi dari perusahaan pemegang merek. Ada 4 jenis garansi yang mudah kalian temui saat membeli komponen komputer melalui toko online maupun toko fisik, yaitu garansi toko atau penjual, garansi distributor, garansi resmi, dan garansi global.

  • Garansi Toko atau Penjual
    Garansi ini merupakan jenis paling rendah dengan masa paling pendek diantara garansi lainnya. Umumnya garansi toko hanya berkisar beberapa hari sampai 1 bulan sejak barang dibeli. Jika barang yang kalian beli mengalami kerusakan dari pabrik, maka kalian bisa menukarkan ke toko tempat kalian membeli barang tersebut. Selain itu, garansi penjual juga biasanya diterapkan oleh para penjual barang bekas seperti graphic card, motherboard, atau prosesor secara perorangan.
  • Garansi Distributor
    Garansi yang paling banyak kalian temui untuk semua komponen komputer. Garansi ini diberikan oleh perusahaan distributor atau importir suatu merek di Indonesia. Contohnya Power Supply dengan merek “be quiet!” memiliki garansi distributor dari Cahaya Distribusi. Barang dengan garansi dsitributor umumnya lebih murah, namun tidak selalu memiliki masa garansi yang sama panjangnya dari perusahaan pemegang merek.
  • Garansi Resmi
    Garansi ini merupakan garansi terbaik yang dapat kalian temui di Indonesia. Karena, garansi ini diberikan langsung oleh perusahaan pemegang merek yang telah resmi memiliki cabang di Indonesia. Umumnya masa garansi resmi cukup panjang, yaitu 2 hingga 3 tahun meliputi perbaikan atau penggantian unit sekaligus.
  • Garansi Global
    Bagi kalian yang sering berpindah-pindah negara untuk bekerja, garansi global merupakan garansi terbaik untuk kalian. Karena garansi yang dimiliki oleh komponen pc kalian dapat kalian ajukan di negara manapun yang telah memiliki kantor cabang perusahaan pemegang merek saat komponen pc kalian mengalami kerusakan.