Realme 5 Pro VS Redmi Note 8 Pro, Duel Takhta Segmen Menengah

Realme 5 Pro VS Redmi Note 8 Pro, Duel Takhta Segmen Menengah

Share

Dunia smartphone Indonesia tak henti-hentinya kedatangan produk terbaru. Salah satu vendor yang cukup agresif dalam merilis produk adalah realme yang belum lama ini merilis realme 5 Pro. realme 5 Pro yang mendapat julukan Quad Camera SpeedMaster ini memboyong beberapa fitur khas realme, seperti Qualcomm Snapdragon 712, sensor kamera unggulan 48 MP dengan Sony IMX586, dan VOOC Flash Charge 3.0 realme 5 Pro akan berhadapan dengan banyak produk di segmen menengah. Salah satu lawan terkuatnya adalah Redmi Note 8 Pro yang baru saja dirilis oleh Xiaomi. Redmi Note 8 Pro adalah produk andalan Xiaomi tahun ini yang membawa spesifikasi yang tidak kalah menarik, seperti MediaTek Helio G90T dan kamera 64 MP.

Mulai dari sektor Chipset. realme 5 Pro membawa prosesor Qualcomm Snapdragon 712 AIE baru yang ditingkatkan dengan arsitektur delapan inti Kryo. Inti CPU ditingkatkan ke angka 2,3 GHz, di mana kinerja keseluruhan 10% lebih tinggi dari prosesor Qualcomm Snapdragon 710. Prosesor Qualcomm Snapdragon 712 AIE sudah diproses menggunakan teknologi FinFET 10nm untuk secara efektif mengurangi konsumsi daya prosesor dan mencapai masa baterai yang efisien. Sementara itu, Redmi Note 8 Pro menggunakan prosesor MediaTek terbaru chip Mediatek Helio G90T. Chipset tersebut diproduksi menggunakan teknologi fabrikasi 12nm yang masih belum diketahui konsumsi dayanya. Chip Qualcomm khususnya seri Snapdragon 712 memang memiliki keunggulan dalam hal efisiensi daya karena didasarkan pada proses fabrikasi 10nm. Jika dibandingkan, kompetitor setingkatnya yaitu MediaTek Helio G90T yang dipakai oleh Redmi Note 8 Pro didasarkan pada proses fabrikasi 12nm. Apalagi Snapdragon 712 telah dilengkapi dengan Qualcomm Spectra ™ ISP generasi ke-2, pengguna dapat menangkap foto dan video yang penuh warna serta berkualitas tinggi.

Dari segi layar, realme 5 Pro dan Redmi Note 8 Pro sama-sama menggunakan layar IPS LCD. Bicara soal ukuran, realme 5 Pro mengusung layar 6,3 inci sedangkan redmi Note 8 Pro membawa layar 6,53 inci. Beralih ke aspek desain, realme 5 Pro mengadopsi desain potongan berlian yang akan berkilau jika terkena pantulan cahaya. Generasi terbaru ini menggunakan tekstur skala nano baru. Kemudian bodinya dibalut oleh warna holografik nanometer. Dimensi realme 5 Pro juga nyaman digenggam karena menggunakan desain bodi 3D dan dilengkapi dengan 2 pilihan warna yang elegan, Crystal Green & Sparkling Blue.Di sisi lain, Redmi Note 8 Pro juga mengusung konsep bodi 3D empat sisi yang memudahkan pengguna. Redmi Note 8 Pro tersedia dalam 3 warna, Mineral Grey, Pearl White, Firest Green yang dapat dipilih.
Bicara soal kamera keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Realme 5 Pro menggunakan kamera depan 16 MP dengan sensor Sony IMX471. Sedangkan di bagian belakang terdapat quad camera. realme 5 Pro menghadirkan kombinasi kamera utama 48 megapiksel (Sony IMX586) + 119 ° lensa ultra-wide-angle 8MP + lensa ultra macro 2MP + lensa portrait di belakang 2MP.Redmi Note 8 Pro memiliki konfigurasi 64 MP lensa utama, 8 MP lensa sudut lebar, 2 MP lensa makro, dan 2 MP lensa kedalaman. Kamera depannya memiliki resolusi 20 MP. realme 5 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas tinggi 4.035mAh, dapat memenuhi permintaan penggunaan sehari-hari. Pada saat yang sama, realme 5 Pro memiliki fungsi AI Freezer di tingkat sistem, yang dapat secara cerdas memprediksi penggunaan aplikasi pengguna, dan segera membekukan aplikasi yang tidak digunakan. Di dalamnya juga terdapat VOOC Flash Charge 3.0 untuk pengisian ekstra cepat. Di sisi lain, redmi Note 8 Pro dengan baterai 4.500 mAh battery mampu menunjang aktivitas pengguna selama seharian. Setelah melihat perbandingannya, apa pendapat Anda? Keduanya memiliki spesifikasi yang tak kalah menarik. realme 5 Pro unggul karena memiliki sistem pengisian baterai VOOC Flash Charge 3.0 dan Snapragon 712 yang sudah terbukti kinerjanya.

Artikel Terkait: