Tips Membeli RAM yang Optimal

Tips Membeli RAM yang Optimal

Share

RAM DDR4 menjadi sangat terjangkau sejak pertengahan tahun 2019. Namun, tidak semua RAM cocok untuk sistem PC yang kalian gunakan. Karena tidak semua sistem stabil menggunakan chip DRAM atau memory controller yang sama. Ulasan ID akan memberikan saran-saran singkat untuk kalian dalam mendapatkan RAM yang terbaik.

  1. Cek nilai clock maksimal yang dapat dijalankan prosesor dan chipset motherboard
    Jika kalian menggunakan prosesor Intel non-K dengan motherboard seri non-Z yang dapat melakukan overclocking dengan bebas, lebih baik kalian membeli RAM dengan spesifikasi yang sama dengan kemampuan prosesor kalian untuk menjalankan RAM tersebut. Jika kalian menggunakan prosesor dan motherboard dari AMD yang dapat melakukan overclock RAM dengan bebas, pilihlah RAM dengan rating clock tertinggi  yang bisa kalian dapatkan.
  2. Pilih RAM dengan heat sink
    Heat sink berguna bagi para pengguna prosesor Intel maupun AMD, karena selain memberikan tampilan yang keren pada PC kalian, heat sink akan membuat RAM bekerja lebih stabil dengan suhu yang lebih rendah. Semua komponen elektronik akan lebih awet jika tidak dipaksakan bekerja terus-menerus pada suhu yang tinggi.
  3. Pilih RAM dengan layanan purna jual yang baik
    Saat ini, hampir seluruh merek RAM menawarkan lifetime warranty. Hal ini berarti bahwa kalian dapat langsung menukarkan RAM kalian yang bermasalah ke distributor selama RAM tersebut masih diproduksi atau tersedia stoknya. Hal yang membedakan tiap merek adalah pemegang distribusinya di Indonesia. Namun rata-rata semua merek dapat melakukan klaim garansi dengan mudah di toko maupun kantor cabang service center.

Artikel Terkait: