Power Supply Modular atau Non-Modular?

Power Supply Modular atau Non-Modular?

Share

Power supply adalah penyedia daya listrik utama pada PC atau komputer milikmu. Saat kalian memilih power supply untuk membangun PC, terdapat beberapa pilihan yang umum ditawarkan oleh toko, yaitu Modular, Non-modular, dan bahkan semi-modular. Apa yang membedakan ketiga jenis power supply? Apakah fungsi setiap power supply berbeda? Apakah PC gaming harus menggunakan power supply modular? Mari kita ulas satu persatu tentang jenis power supply berdasarkan jenis modular ini.

Power Supply Non-modular

Power supply ini merupakan model biasa dan disebut non-modular karena power supply ini memiliki seluruh kabel output yang disolder pada PCB. Power supply ini memiliki harga paling murah diantara jenis modular lainnya. Banyaknya kabel yang menjuntai membuat manajemen kabel pada casing akan semakin susah. Apalagi, jika kalian tidak menggunakan banyak hard disk atau kipas dengan colokan molex. Pada power supply non-modular, kabel terbanyak yang menjuntai adalah kabel SATA dan Molex, lalu setidaknya 1 kabel PCIe untuk graphic card. Untuk merakit PC dengan power supply non-modular dan terlihat rapi, kalian membutuhkan casing dengan PSU cover. Sehingga kabel yang tersisa bisa kalian ikat dan sembunyikan dengan rapi.

Power Supply Modular

Kalian suka PC gaming dengan jumlah kabel yang pas dan rapi? Power supply modular adalah jawabannya, karena setiap kabel output dari power supply bisa dicopot-pasang dengan mudah dari power supply. Power supply modular biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan power supply biasa. Jika kalian tidak menggunakan hard disk atayu kipas dengan jumlah yang banyak, kalian bisa melepas kabel dan menyimpannya di box.

Power Supply Semi-modular

Power supply hybrid dari kedua jenis diatas, karena efisiensi penggunaan dan harga yang lebih terjangkau. Power supply semi-modular memiliki kabel 24 pin dan 8 pin EPS yang disolder pada PCB power supply. Sedangkan kabel SATA, Molex, dan PCIe dapat dicopot-pasang. Hal ini merupakan jawaban paling efisien, karena kalian memang harus menggunakan kabel 24 pin dan 8 pin EPS, sehingga modularitas kedua kabel ini tidak diperlukan.

Artikel Terkait: