Adata XPG Spectrix S40G, SSD NVMe Kencang dengan Aksen RGB

Adata XPG Spectrix S40G, SSD NVMe Kencang dengan Aksen RGB

Share

SSD umumnya hanya mengandalkan kecepatan baca tulis, dimana perkembangan SSD kian hari semakin berkembang tanpa mengurangi fungsinya banyak vendor mulai berlomba-lomba membuat berbagai macam varian SSD, dengan hadirnya SSD ber-interface NVMe berbagai vendor sudah mengeluarkan berbagai produk, Adata kali ini merilis S40G dengan beberapa varian ukuran kapasitasnya

pada kali ini UlasanID berkesempatan mencoba Adata XPG Spectrix SSD S40G berkapasitas 512GB pada spesifikasinya tertulis kecepatan baca tulis hingga 3500MB/s untuk kecepatan writenya dan 3000MB/s untuk tulisnya. yang jadi nilai jual SSD ini selain dari Speed-Nya yang tergolong kencang, SSD ini juga dipercantik dengan tambahan RGB pada Heatsinknya,

Untuk itu kami ingin mengetahui seberapa jauh efek heatsink ini pada SSD apakah dapat mampu menahan panas dari SSD NVMe ini, pada pengujian kami mengunakan Spesifikasi sebagai berikut:

  • AMD ryzen 5 3600x
  • Asus craosshair hero 8
  • Corsair dominator platinum 2x8gb 3600MHz
  • Galax RTX 2080 white edition
  • Be Quite straight power 500w Gold

 

Metode pengujian disini kita lakukan dengan menginstal OS kedalam SSD dan setiap benchmark dilakukan tepat setelah kita menginstal windows dan beberapa driver penting. Artinya pada pengujian ini, aplikasi yang jalan di background dan startup sangat minim. Sehingga dengan begitu kita mengetahui speed dari SSD secara Real. Disini kita menggunakan dua Aplikasi Benchmark untuk Storage antara lain CrystalDisk Mark dan Atto Disk Benchmark.

 


Pada aplikasi crystal disk mark, kecepatan sequential baca tulis dari SSD ini cukup kencang karena bisa menyentuh angka 3200/2000 MB/s. tapi ini cukup berbeda dengan klaim dari XPG terlebih pada sequential write yang katanya bisa menyentuh angka 3000MB/s. Hal yang hampir serupa juga terjadi pada aplikasi Atto Disk Benchmark, Dimana performa sequential baca-tulis dari SSD ini masih berada di bawah klaim pihak XPG.

Untuk suhu SSD NVMe ini berada di angka 37 C saat kondisi idle sedangkan dalam kondisi Full Load berkisar 47C, semua temperature ini berpengaruh dengan suhu sistem atau kondisi ruangan Adata XPG S40G ini dipatok harga  sekitar Rp. 1.300.000 untuk varian 512GB ada pula dengan kapasitas 256GB dengan harga sekitar Rp 800.000, So..bagi kalianyang menginginkan SSD NVMe dengan aksen RGB Adata XPG Spectrix S40G bisa menjadi opsi menarik dengan performa yang kencang.

Artikel Terkait: