Seagate BarraCuda 510, SSD Kencang Minim Gimmick

Seagate BarraCuda 510, SSD Kencang Minim Gimmick

Share

Semenjak SSD atau “Solid State Drive” di perkenalkan, nampaknya SSD menjadi hardware wajib yang harus di miliki oleh setiap orang baik untuk pengguna PC Desktop maupun pengguna Laptop. Berbagai macam kelebihan menjadikan SSD  lebih di lirik ketimbang media penyimpanan konvensional seperti HDD. Mulai dari perbedaan speed, durability yang baik hingga desain yang minimalis menjadikan SSD merupakan storage prioritas pada masa sekarang ini.

Kali ini tim Ulasan ID kedatangan sebuah SSD dari salah satu brand yang sudah besar di dunia storage, yaitu Seagate. SSD yang akan kita ulas di sini adalah Seagate BarraCuda 510 dengan kapasitas 256 GB. SSD ini memiliki interface PCIe Gen3 x4 NVme 1,3 yang mana ini jauh lebih kencang dibandingkan dengan SSD Interface SATA apalagi HDD konvensional.

Packaging SSD ini cukup baik dan terbilang “care” dengan produk nya jika. Di dalam dus nya terdapat User Guide yang merangkap sebagai kartu garansi, dan tentu saja unit SSD nya. Sayang nya, SSD ini hadir tanpa desertakan heatsink bawaan. Jika mobo kalian punya Heatsink M.2 tentunya hal ini tidak jadi masalah. Secara spesifikasi, Seagate BarraCuda 510 dengan kapasitas 256GB ini memiliki TBW mencapai 160 TB dan dengan speed baca-tulis di klaim bisa mencapai 3100/1050 MB/s.

Untuk itu, pada artikel ini, kita akan mencoba SSD apakah kecepatan yang diklaim mampu sesuai dengan kecepatan real yang bisa di dapat. Pada pengujian kali ini kita menggunakan system dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Ryzen 5 3600x
  • Asrock X470 Taichi Ultimate
  • Corsair Dominator Platinum RGB 2x8GB 3200Mhz
  • Galax RTX 2080 White Edition
  • XFX XTR 750W Gold
  • Seagate BarraCuda 510 256 GB
  • Windows 10 Home 1909

Metode pengujian disini kita lakukan dengan menginstal OS kedalam SSD dan setiap benchmark dilakukan tepat setelah kita mengisntal windows dan beberapa driver penting. Artinya pada pengujian ini, aplikasi yang jalan di backgrounf dan startup sangat minim. Sehingga dengan begitu kita mengetahui speed dari SSD secara Real. Disini kita menggunakan dua Aplikasi Benchmark untuk Storage antara lain CrystalDisk Mark dan Atto Disk Benchmark.

Pada hasil benchmark di atas, terbukti klaim speed baca-tulis dari Seagate nampak nya memang benar. Read mencapai angka 3000’an MB/s dan Write mencapai angka 1000’n MB/s. Untuk Storage dengan kecepatan seperti ini harusnya sudah mencukupi kebutuhan operasional aplikasi sehari-hari. Cuma alangkah baiknya jika Seagate memberikan Heatsink tambahan pada SSD ini, mengingat tidak semua orang mempunyai Heatsink SSD pada Motherboard mereka.

Untuk harga, Seagate BarraCuda 510 dengan kapsitas 256 GB ini dibandrol sekitar 1,1-1,2 jt rupiah. Well, mungkin jika dibandingkan dengan brand lain dengan kapasitas sama SSD ini mungkin agak sedikit mahal, tapi dengan garansi selama 5 tahun, tentu nya kredibelitas dari brand Seagate sangat mempengaruhi kualitas SSD ini, baik secara performa maupun durability.

Artikel Terkait: