Ulas Liquid Cooling Swiftech H220 X2


Sebelum nya udah ada juga nih yang minta liquid ini di ulas, nah sekarang ini Kita akan mengulas seperti apa swiftech H220 X2 ini. Swiftech ini mensupport socket mulai dari LGA 1150/51/55/56, dan 2011. Untuk AMD, AM1/2/3/+, dan FM1/FM2/+. Dan didalam kemasan swiftech ini kita akan menemukan 2 buah kipas berukuran 12CM, 1buah radiator+waterblock pastinya, socket intel, namun disini swiftech sudah memasang semua nya. Dan perlengkapan lain nya, seperti user-manual, mounting brackets AMD, thermal paste, panel connector,pewarna, baut baut, dan lain sebagainya.

Dibagian radiator dari swiftech H220 ini berbeda dengan radiator radiator yang lain, disini terlihat ada sebuah tabung yang dimana itu adalah tabung untuk menyimpan air dari liquid ini, disini juga kita melihat ada sebuah pump kecil untuk mengalirkan nya. Pump ini memiliki power 6watt dengan speed 1200-3000 RPM. untuk tubbing nya swiftech memakai PVC, radiator nya bermaetrial brass & Copper, dan untuk waterblock nya Acrylic Housing dan copper base.

Swiftech ini juga ngasih kita moding LED yang cukup keren, disini kita akan mendapatkan ALED dibagian waterblock dan dibagian tabung nya, dibagian ini kita bisa atur warna nya sesuai keinginan kita dengan menekan tombol yang ada pada panel control nya. Namun disini lah masalah nya, tombol nya terlalu kecil untuk ditekan. Jadi agak sedikit susah untuk menekannya.

Untuk instalasi nya juga tidak terlalu sulit,tinggal pasang braket sesuai socket kalian, pasang sambungan untuk braket dan waterblock, dan pasang waterblock. Ingat, jangan terlalu kencang dibangian ini, menempel dan tidak terlepas saja sudah cukup, agar pin pin prosesor tidak rusak atau bengkok karna terlalu kencang. Disini Kita pasang pada motherboard colorful battle axe C.Z170 Gamer. LGA 1151.

Pasti nya kita akan coba melihat seberapa dingin yang dihasil kan Swiftech ini, ohiya, suhu ruangan disini 24’C. Yang akan kita dinginkan ialah Intel Core i7 6700k, dengan stock load yaitu 4 ghz Swiftech H220 X2 memberikan kita suhu 24’C Untuk idle nya. Dan untuk full load nya melalui CPU Stress dari Furmark kita mendapatkan 55’C.

Gak cuma distock load aja, disini Kita juga coba mengoverclocking dan kita liat suhu yang dihasilkan nya. I7 6700K nya coba Kita OverClock di 4.5ghz. Suhu idle nya kita mendapatkan 24‘C dan untuk full load nya Swiftech H220 x2 ini mampu menahan suhu sampai 72’C. Tingkat kebisingan dari fan ini menurut Kita tidak terlalu mengganggu banget kok.

Artikel Terkait: