Perkembangan Overwatch Diperlambat Karena Perilaku Pemain
Blizzard mengeluarkan video “Developer Update” terbaru untuk Overwatch, dan video ini tidak seperti video-video sebelumnya. Pada video yang berjudul “Play Nice, Play Fair” (bermain dengan baik, bermain dengan adil) ini, direktur Overwatch Jeff Kaplan membicarakan secara panjang lebar mengenai reaksi Blizzard mengenai perilaku buruk dan suasana yang tidak ramah di dalam game, dan apa yang Blizzard akan lakukan untuk membuat Overwatch menjadi tempat yang lebih ramah.
Kaplan memulai dengan menjelaskan bahwa alat player-reporting untuk melaporkan pemain lain yang sebelumnya hanya tersedia di PC sekarang juga tersedia di konsol. Kaplan mengakui bahwa alat ini tidak sempurna, tapi ini adalah langkah pertama untuk membantu komunitas Overwatch. Selain itu, Kaplan juga membahas secara lebih luas mengenai perilaku pemain di Overwatch, bagaimana Blizzard telah mengambil tindakan terhadap 480,000 akun semenjak game ini diluncurkan May 2016 lalu dan bagaimana 340,000 dari akun tersebut adalah hasil langsung dari sistem pelaporan pemain.
Apapun yang Blizzard lakukan untuk memperbaiki pengalaman pemain di dalam game, tidak akan ada perbaikan instan untuk perilaku buruk. “Tidak akan datang waktu dimana kami akan memiliki patch ajaib di Overwatch yang akan membuat perilaku buruk hilang,” Kaplan menegaskan. “Tetapi ini adalah suatu masalah dimana kami akan mendedikasikan waktu kami untuk memperbaikinya.”
Kaplan menambahkan bahwa Blizzard tidak mempunyai rencana untuk membuat “naughty pools” seperti yang dilakukan game lain, dimana pelanggar tidak di-ban tetapi hanya dikumpulkan untuk bermain dengan pelanggar lainnya. “Filosofi kami adalah, ‘Bila Anda hanya punya niat untuk melakukan hal buruk di Overwatch, kami tidak perlu Anda di Overwatch,” ucapnya. “Kami ingin Overwatch menjadi sebuah game yang inklusif.”
Secara umum, menurut Kaplan, orang berperilaku lebih buruk di video game daripada di dunia nyata karena ada elemen anonimitas ketika mereka duduk dibelakang keyboard atau memegang controller di suatu tempat yang jauh dari dimana anggota tim atau musuh mereka berada.
Walaupun Blizzard akan mengambil langkah untuk membendung masalah mengenai perilaku para pemain Overwatch, Kaplan juga mengingatkan bahwa para pemain juga perlu untuk lebih memperhatikan bagaimana mereka dapat membantu komunitas ini, dan bagaimana mereka dapat berperilaku lebih baik. Kaplan juga menyatakan bahwa menciptakan sistem di Overwatch yang dapat melawan perilaku buruk dan membantu memperbaiki suasana di dalam komunitas Overwatch mengambil waktu yang sebenarnya dapat mereka gunakan untuk mengembangkan game ini lebih jauh. Intinya, bila kalian ingin Blizzard untuk mengeluarkan fitur, map dan karakter baru lebih cepat, buatlah komunitas yang lebih kondusif.
“Perilaku buruk ini tidak hanya merusak pengalaman para pemain Overwatch, tetapi juga menghambat proses pengembangan Overwatch,” kata Kaplan.