Dua Pendiri Xiaomi Mengundurkan Diri Jelang IPO


Produsen smartphone Xiaomi akan melakukan reshuffle terhadap para stafnya sebagai langkah persiapan menyambut initial public offering (IPO). IPO tersebut diyakini akan menjadi IPO terbesar pada tahun 2018, berdasarkan laporan situs TechNode berbahasa mandarin. Dua pendiri Xiaomi mengundurkan diri berdasarkan surat internal yang dirilis oleh Lei Jun, sang CEO perusahaan, dan telah dipublikasikan pada 27 April 2018.

Surat tersebut mengungkapkan bahwa Zhou Guangping dan Huang Jiangji selaku pendiri Xiaomi mengundurkan diri. Selain itu, diumumkan juga bahwa sang CFO perusahaan, Chew Shou Zi, akan mengisi jabatan Wakil Presiden Senior.

sang pendiri Xiaomi mengundurkan diriZhou Guangping

Jun menuliskan bahwa kedua co-founder tersebut memilih jalan hidup yang baru karena alasan pribadi dan memutuskan untuk membebas tugaskan diri mereka dari perusahaan. Namun, berdasarkan laporan media lainnya menyebutkan bahwa kedua co-founder tersebut merupakan bagian dari perusahaan hanya secara virtual saja dan peran mereka sudah lama dikesampingkan.

Ada banyak spekulasi mengenai kapan IPO tersebut akan dilakukan dan seberapa besar nilai dari IPO perusahaan tersebut. Diramalkan, angka IPO tersebut akan menyedot dana sebesar $ 100 miliar Amerika Serikat (AS). Menurut berita terbaru, Xiaomi sedang mempertimbangkan untuk melakukan dual listing yaitu di Hong Kong dan Daratan Tiongkok.

Xiaomi juga ingin memposisikan dirinya kembali sebagai service provider sebelum melakukan IPO. Mereka berjanji untuk membatasi pendapatannya dari bisnis penjualan hardware hanya sebesar 5% setelah pajak mulai 2018.

Rencana mereka tampak ambisius. Xiaomi bukan hanya memproduksi smartphone tetapi juga menawarkan beragam produk lainnya, mulai dari self-balancing scooter hingga rice cooker melalui Mi Ecosystem miliknya. Perusahaan bahkan telah menjual produk yang tidak ada hubungannya dengan perusahaan teknologi seperti sofa dan sikat gigi. Bisnis non-hardware mereka mencakup user interface (UI) pada smartphone, hiburan, dan layanan keuangan.

Masih dalam surat yang dirilis CEO Xiaomi, ia berterima kasih kepada Zhou Guangping karena telah meletakkan pondasi penting bagi pengembangan ponsel pintar Xiaomi. Lalu, ia juga memuji Huang Jiangji karena telah merintis banyak layanan dan strategi Xiaomi termasuk cloud service dan internet of things (IoT).

Huang Jiangji sang pendiri XiaHuang Jiangji

Zhou menjabat sebagai direktur pada tim Mi-Phone. Dia bergabung dengan Xiaomi setelah menjabat sebagai Direktur Senior pada Pusat Riset dan Pengembangan Motorola Beijing. Sedangkan Huang, bertanggung jawab untuk mengembangkan MiTalk dan bekerja pada Microsoft sebelum mendirikan Xiaomi.

Chew Shou Zi, warga negara Singapura, bergabung dengan Xiaomi pada 2015 setelah bekerja pada Yuri Milner DST Global. Shou terlibat dalam banyak proyek investasi di China pada saat itu, termasuk Xiaomi.

Chew Shou Zi Chew Shou Zi

(dilansir dari technode.com)

Artikel Terkait: