Cara Daftar Prakerja Gelombang 8 Begini Langkah Mudahnya

Cara Daftar Prakerja Gelombang 8 Begini Langkah Mudahnya

Kartu prakerja adalah program pemerintah untuk meningkatkan skill dan kemampuan para pencari kerja. Program tersebut memberikan sejumlah bantuan untuk melakukan pembelian pelatihan online. Dengan mengikuti pelatihan online tersebut, diharapkan para calon pencari kerja tersebut bisa memiliki skill yang lebih matang untuk bersaing di dunia kerja nantinya. Banyak masyarakat yang tertarik untuk bergabung pada program kartu prakerja tersebut. Nah, terkait hal tersebut ulasan akan membahas topik menarik tentang cara daftar prakerja gelombang 8. Yang penasaran seperti apa informasi lengkapnya, check this out!!

  • Untuk mendapatkan bantuan dari kartu prakerja tersebut, peserta harus mendaftar terlebih dahulu. Hanya peserta yang pendaftarannya diterima yang akan memperoleh dana bantuan untuk membeli pelatihan online. Saat ini, pemerintah sudah mengadakan hingga 8 gelombang pendaftaran prakerja. Pada gelombang ke 8, diperoleh data jumlah pendaftar kartu prakerja meningkat dari gelombang sebelumnya.
  • Kabarnya pendaftaran kartu prakerja akan resmi ditutup setelah gelombang ke 9. Hal ini berkaitan dengan kuota yang sudah hampir penuh. Pendaftaran kartu prakerja gelombang ke 8 juga baru saja ditutup pada tanggal 15 september 2020 tepat pukul 12.00 WIB. Jadi yang belum sempat daftar, atau yang belum di terima di gelombang ke 8, bisa coba lagi di gelombang ke 9. Belum ada info lanjut tentang kapan gelombang ke 9 pendaftaran kartu prakerja akan di buka secara resmi.

Cara Daftar Prakerja Gelombang 8 Begini Langkah Mudahnya

  • Nah, untuk bisa lulus pada pendaftaran kartu prakerja, kalian harus tahu dulu seperti apa cara untuk daftar di program tersebut. Banyak orang tidak mengetahui pentingnya hal tersebut, sehingga saat melakukan pendaftaran bingung dan mengalami kegagalan. Untuk mencegah hal tersebut, berikut ini akan dijelaskan seperti apa langkah daftar kartu prakerja via online.
  • Ada dua tahap yang harus dilewati, pertama tahap pembuatan akun kartu prakerja dan kedua tahap pendaftaran kartu prakerja. Untuk tahap pembuatan akun kartu prakerja termasuk sangat sederhana. Yaitu buka link https://www.prakerja.go.id/, kemudian masukan data yang diminta dengan benar. Seperti data nama lengkap, alamat email yang aktif, dan kata sandi. Lalu klik tombol daftar, setelah itu, lakukan verifikasi email dengan membuka email dari pihak kartu prakerja, lalu mengklik link yang diminta dan tahap pembuatan akun kartu prakerja telah sukses.
  • Selanjutnya tahap pendaftaran kartu prakerja ada lebih banyak data yang harus diisi pada tahap ini. Langkah pertama login di situs resmi kartu prakerja dengan akun yang telah dibuat pada poin sebelumnya, lalu masuk dashboard, lakukan verifikasi KTP, dengan mengupload foto KTP dan swafoto. Lalu lakukan verifikasi no telepon, klik kirim. Setelah melakukan dua langkah tersebut, selanjutnya adalah mengisi deklarasi survey. Lanjut lagi ke mengisi tes, setelah itu ikuti seleksi batch, dengan pilih batch yang diinginkan sesuai dengan domisili.

Setelah melakukan semua langkah pada poin di atas, maka pendaftaran telah selesai. Yang harus dilakukan hanya tingal menunggu hasil evaluasi pendaftaran. Jika diterima, maka kalian akan telah terdaftar sebagai member kartu prakerja. Demikian info tentang cara daftar prakerja gelombang 8, semoga berhasil dan sukses.