Cara Daftar UMKM Lewat Online Dapat Dana Rp 2,4 Juta

Cara Daftar UMKM Lewat Online Dapat Dana Rp 2,4 Juta

Share

Jumlah kasus covid-19 di Indonesia semakin meningkat hingga saat ini. Hal tersebut tentunya mempengaruhi perekonomian masyarakat, terutama kalangan mengah ke bawah. Untuk meringankan permasalahan tersebut, pemerintah tengah mengeluarkan program bantuan untuk UMKM. Bantuan tersebut berupa subsidi uang yang diberikan pada masyarakat yang termasuk UMKM, jumlahnya yaitu Rp 2,4 juta. Tentunya banyak masyarakat pemilik UMKM yang tertarik untuk memperoleh dana subsidi tersebut. Untuk itu, ulasan kali ini akan membahas cara daftar UMKM lewat online bisa dapat dana Rp 2,4 juta. Yang penasaran seperti apa infonya, check this out!!

  • Untuk bisa mendapatkan subsidi bantuan UMKM dari pemerintah terdapat syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Untuk cara mendapatkannya bisa dilakukan secara offline maupun secara online. Yang utama adalah menyiapkan persyaratan dan ketentuan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Nah, untuk pendaftaran umkm via online dilakukan dengan membuka link https://siapbersamakumkm.kemenkopunkm.go.id/ .
  • Pada link tersebut, peserta harus mengisikan data yang diminta dengan benar dan lengkap. Setelah itu klik tombol submit, peserta rata – rata membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mengisi semua data yang diminta pada formulir online tersebut. Nanti bantuan berupa uang senilai Rp 2,4 juta akan diberikan secara langsung dengan di transfer ke rekening pemilik usaha masing – masing.
  • Meskipun demikian, penerima dana tidak bisa langsung menggunakan bantuan tersebut. Pernyataan ini dikeluarkan oleh Corporate Secretary BRI yaitu Aestika Oryza Guntaro. Penerima bantuan, harus datang dulu ke bank BRI dan membawa dokumen buku tabungan, kartu ATM, serta KTP untuk identitas diri. Kelengkapan dokumen harus dipenuhi terlebih dahulu agar dana bantuan bisa dicairkan.

Cara Daftar UMKM Lewat Online Dapat Dana Rp 2,4 Juta

  • Untuk lebih jelasnya silahkan simak urutan langkah pendaftaran UMKM online seperti di bawah ini.
  1. Buka link https://siapbersamakumkm.kemenkopunkm.go.id
  2. Lalu isi formulir online dengan data yang benar dan lengkap
  3. Setelah itu klik tombol submit, dan data akan dikirimkan ke KemenKopUKM untuk dipakai pada program kementrian untuk keperluan pendataan dan tindak lanjut terkait program mitigasi COVID-19
  4. Lalu tunggu sms notifikasi pemberitahuan dari pemerintah
  5. Setelah mendapatkan sms notifikasi, selanjutnya pergilah ke kantor BRI terdekat dengan membawa dokumen buku tabungan, kartu atm, identitas diri (KTP), dan dokumen tambahan yaitu Surat Pernyataan, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak / SPTJM, dan Surat Kuasa Penerima Dana BPUM.
  6. Setelah menyerahkan semua dokumen yang diminta, maka dana sebesar 2,4 juta sudah dicairkan dan dapat dipakai oleh penerima bantuan UMKM yang bersangkutan.
  • Lalu terkait persyaratan bagi penerima bantuan UMKM yaitu sebagai berikut,
  1. Harus memiliki usaha mikro dan tidak sedang menerima kredit modal dari perbankan
  2. Harus Warga Negara Indonesia WNI dan memiliki NIK
  3. Bukan ASN, bukan Polri / TNI, bukan pegawai BUMD dan BUMN,
  4. Memiliki bukti usaha mikro dalam bentuk surat usulan dari pengusul lampiran

Nah itu tadi cara daftar UMKM lewat online untuk dapat dana bantuan Rp 2,4 juta. Semoga dengan mengikuti langkah di ulasan kali ini, kalian bisa mendaftar UMKM online dengan mudah.

Artikel Terkait: