Cara Mengatasi Bot Telegram Error Dengan Mudah!

Cara Mengatasi Bot Telegram Error Dengan Mudah!

Banyak fitur menarik yang ditawarkan oleh telegram untuk para penggunanya. Salah satunya adalah Cara Mengatasi Bot Telegram Error dan fitur anonymous chat. Ini merupakan fitur yang membuat kalian mampu mengirim chat dengan identitas tetap dirahasiakan dengan partner yang juga dipilih secara acak. Fitur ini cocok untuk mencari kenalan baru via telegram. Banyak orang yang penasaran dengan fitur tersebut. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pengguna harus menggunakan bot telegram. Namun belakangan ini banyak pengguna bot telegram yang mengalami keluhan error. Untuk itu ulasan akan membahas cara mengatasi bot telegram error tersebut. Penjelasan lengkapnya bisa dilihat pada poin – poin di bawah ini.

 

  • Bot Telegram Mengalami Error

Ketika bot telegram mengalami error maka akan mengganggu aktivitas yang dilakukan pada aplikasi chatting tersebut. Tidak hanya bisa menggunakan fitur anonymous chat saja, kalian bahkan jadi tidak bisa mendapatkan respons apapun. Jika hal ini terjadi, maka pengguna tidak akan bisa menggunakan telegram dengan lancar. Banyak kasus di mana pengguna telah mengeluarkan berbagai perintah, namun telegram tidak memberikan jawaban apapun. Inilah kondisi yang terjadi ketika bot telegram mengalami error.

Begini Cara Mengatasi Bot Telegram Error Dengan Mudah!

  • Penyebab Bot Telegram Bisa Error

Sebuah aplikasi mengalami error pasti ada penyebabnya, begitu pula dengan kasus pada bot telegram. Dari pengalaman para pengguna telegram terdapat beberapa hal yang bisa membuat bot mengalami error. Pertama karena jaringan internet yang buruk. Lalu penyebab lainnya yaitu menggunakan ardunino IDE dan board esp8266 versi lama. Dua program tersebut sangat penting pada saat menggunakan bot telegram. Ardunino IDE dan board esp8266 adalah dua program yang dibutuhkan untuk bisa menghubungkan telegram bot. Oleh karenanya harus diperhatikan.

 

  • Tips Mengatasi Bot Telegram Error

Sebelum membahas tips, bagi para pengguna bot telegram harus mengetahui dulu cara menghubungkan telegram bot dengan ardunino NodeMCU dengan benar. Lalu juga harus paham tentang notifikasi sensor menggunakan NodeMCU dan Telegram, serta memahami cara kontrol relay ketika menggunakan telegram NodeMCU Wemos. Terakhir perhatikan versi berapa arduino IDE dan board esp8266 yang dipakai. Jika sudah mengetahui semua itu, lakukan tips – tips di bawah ini ketika telegram bot masih mengalami error,

  1. Pertama, buka menu Tool, lalu Board, Lalu Board Manager.
  2. Kemudian Ubah versi arduino IDE yang dipakai ke versi di bawahnya. Versi terbaik yang disarankan adalah Arduino IDE 1.8.3, ini adalah versi yang paling lancar saat dipakai. Banyak pengguna telegram yang bisa memakai bot telegram dengan lancar selama memakai Arduino IDE versi tersebut.
  3. Ubah versi board esp8266 ke versi 2.4.0 atau 2.3.0. Sebelum itu hapus dulu versi lamanya. Setelah itu istal kembali versi 2.4.0 atau 2.3.0. Setelah itu tinggal instal dengan kondisi laptop terhubung dengan internet. Tunggu hingga proses install selesai.

Nah itulah tadi beberapa tips cara mengatasi bot telegram error. Tips di atas sudah dicoba dan memang berhasil. Semoga kalian yang menggunakan tips di atas juga bisa sukses dan berhasil mengatasi bot telegram error tersebut.