Kode Verifikasi BPUM Dapatkan Uangnya Secara Gratis!

Kode Verifikasi BPUM Dapatkan Gratis Hanya Disini Tempatnya!

Di tengah pandemi covid-19 yang melanda Indonesia, pemerintah mengeluarkan kode verifikasi BPUM untuk bantuan para pengusaha mikro. BPUM yaitu bantuan produktif usaha mikro atau sering juga disebut dengan Bantuan Presiden, adalah bantuan uang sejumlah 2,4 juta untuk para pelaku usaha kecil. Pemerintah berharap dengan adanya bantuan ini, bisa membantu para pengusaha kecil untuk meningkatkan usahanya di tengah sulitnya pandemi saat ini. Untuk mencairkan bantuan dari program tersebut, peserta harus memasukan kode verifikasi BPUM. Terkait hal tersebut, ulasan akan membahas lebih lanjut tentang apa itu BPUM dan kode verifikasinya.

  • Mengenal BPUM

Seperti yang telah disebutkan di atas, BPUM adalah program bantuan khusus untuk para pelaku usaha kecil. Program ini telah berlangsung dari bulan oktober 2020, dan rencananya akan diperpanjang hingga november 2020. Kuota penerima bantuan yang tadinya untuk 9 juta orang sekarang bertambah untuk 12 juta pelaku usaha mikro. Untuk bisa mendapatkan bantuan di program BPUM, peserta harus melakukan pendaftaran serta memenuhi persyaratan yang tersedia.

  • Cara Mendapatkan BPUM

Untuk mendapatkan BPUM, peserta usaha kecil harus mendaftar melalui Dinas UMKM daerah setempat serta Dinas Koperasi. Pendaftar harus mengisi data usulan yang berupa nama lengkap, NIK, Alamat sesuai KTP, bidang usaha, serta nomor hp yang bisa dihubungi. Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk bisa lolos dai program BPUM adalah, harus WNI, bukan PNS, TNI Polri, serta pegawai BUMD dan BUMN. Tidak sedang memiliki tanggungan pada Bank atau Kredit Usaha Rakyat. Serta harus memiliki SKU jika lokasi bisnis dan tempat tinggal berbeda.

Kode Verifikasi BPUM Dapatkan Uangnya Secara Gratis!

  • Mengecek Kepesertaan

Untuk bisa mencairkan dana dari BPUM, peserta harus melakukan cek dulu. Apakah sudah lolos terdaftar sebagai penerima BPUM atau belum. Caranya dengan membuka situs eforum.bri.co.id/bpum, lalu masukan nomor identitas KTP, dan kode verifikasi. Untuk kode verifikasinya sudah tertera pada situs tersebut. Setelah itu klik tombol Proses Inqulry. Setelah itu, bisa dicek apakah telah terdaftar atau belum.

  • Pencairan Dana BPUM

Nantinya dana bantuan akan disalurkan melalui bank penyalur yaitu BRI, BNI, dan Bank Syariah Mandiri. Jika pendaftaran sukses dan diterima, maka peserta akan memperoleh sms dari pihak bank penyalur. Kemudian untuk mencairkan dana tersebut, peserta bisa pergi langsung ke bank terdekat, lalu membawa buku tabungan, KTP dan ATM, serta Surat pernyataan tanggung jawab mutlak serta kuasa penerima dana BPUM atau Bantuan Presiden. Proses pencarian dana bantuan tersebut bersifat gratis tidak dipungut biaya apapun. Jadi jika mendapatkan SMS pemberitahuan pencarian dana BPUM namun meminta uang atau biaya administrasi. Maka itu adalah SMS penipuan, untuk itu harus teliti agar tidak sampai mengalami penipuan dengan modus semacam itu.

Itulah tadi ulasan tentang info kode verifikasi BPUM yang harus dimasukan ketika melakukan pengecekan kepesertaan pada program BPUM. Bagi peserta penerima bantuan yang belum memiliki rekening BRI atau bank penyalur lainnya, bisa langsung pergi ke bank BRI terdekat untuk melakukan pengurusan. Agar dana BPUM bisa dicairkan.

Artikel Terkait: