ASUS Mengumumkan Jajaran Seri Terbaru Kartu Grafis ROG Strix dan TUF Gaming Berbasis AMD Radeon RX 6900 XT

ASUS Mengumumkan Jajaran Seri Terbaru Kartu Grafis ROG Strix dan TUF Gaming  Berbasis AMD Radeon RX 6900 XT

Indonesia, Jakarta, 21 Desember 2020 – ASUS hari ini mengumumkan jajaran seri terbaru kartu grafis ROG Strix dan TUF Gaming AMD® Radeon ™ 6900 XT Series, berdasarkan AMD Radeon RX 6900 XT dan arsitektur gaming AMD RDNA ™ 2 yang inovatif yang menandai era baru kekuatan grafis Radeon. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari GPU terbaru yang sangat menarik ini, teknisi ASUS telah bekerja maksimal mengembangkan kartu grafis ROG Strix dan TUF Gaming yang memberikan kinerja tinggi, suhu rendah, dan pengoperasian yang terbilang tenang yang tentunya diharapkan oleh para penggemar.

ROG Strix LC Radeon RX 6900 XT membuat ‘Big Navi’ lebih dingin

AMD Radeon RX 6900 XT adalah kartu grafis gaming tercepat yang pernah dibuat AMD. Saat teknisi ASUS mulai membuat sketsa kartu ROG Strix, kekuatan sesungguhnya dari kartu grafis AMD Radeon RX 6900 XT menginspirasi desain sistem pendingin yang dapat mengeluarkan potensi penuhnya. Selama proses ini, tim ASUS secara alami beralih ke pendinginan cair. Penggemar PC di seluruh dunia sudah terbiasa dengan manfaat sistem pendingin cair all-in-one untuk CPU mereka, dan banyak dari mereka yang telah menambahkan sistem serupa ke kartu grafis mereka menggunakan perlengkapan purnajual untuk mengejar batas tertinggi dari kinerja grafis.

Kartu grafis ROG Strix LC Radeon RX 6900 XT memadukan kekuatan udara dan cairan pendingin di luar kotak. Produk ini dirancang dari awal dengan modul pendingin cairan khusus yang secara khusus disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan kartu grafis. Pelat dingin yang besar mendinginkan GPU dan modul memori GDDR6 yang mengelilingi GPU. Panas dari komponen tersebut ditransfer langsung ke putaran pendingin cair daripada ke dalam internal casing. Di ujung lainnya, radiator 240 mm memberikan keseimbangan yang tepat antara potensi pendinginan yang tinggi dan kompatibilitas yang luas dengan titik pemasangan yang tersedia di casing PC masa kini. Kipas blower dengan tingkat kebisingan rendah dan heat sink yang rendah di dalam lapisan kartu grafis memastikan sirkuit pengiriman daya tetap dingin.

Terlepas dari bagaimana hal tersebut disematkan di dalam sebuah PC, kartu grafis ROG Strix LC Radeon RX 6900 XT terintegrasi mulus dengan rangkanya. Kartu grafis ini dilengkapi dengan selang pendingin 600 mm yang sangat panjang untuk memungkinkan lebih banyak opsi pemasangan dalam sebuah wadah, bahkan dalam penutup EATX dengan interior yang luas. Selang dilapisi dengan anyaman tekstil untuk melindungi dari abrasi dan untuk menambahkan sentuhan yang berkelas pada sistem.

Untuk mengeluarkan panas dari putaran, sepasang kipas radiator 120 mm yang dirancang khusus yang dioptimalkan untuk CFM tinggi dan tekanan statis menjaga udara tetap bergerak melalui sirip heat exchanger yang sangat rapat. Seperti kartu grafis ROG Strix lainnya, header FanConnect II kartu grafis ROG Strix LC Radeon RX 6900 XT dapat dihubungkan ke sistem sepasang kipas. Header ini memungkinkan kipas casing yang terhubung merespons secara langsung perubahan suhu GPU atau CPU, meningkatkan aliran udara tepat pada saat yang diperlukan.

TUF Gaming memasangkan desain yang kokoh dan tersembunyi dengan kartu grafis Radeon RX 6900 XT

Untuk para gamer yang menginginkan kartu grafis yang kokoh dan tersembunyi, ASUS juga telah menciptakan Radeon RX 6900 XT versi TUF Gaming. Desain pendinginan kartu dimulai dengan heatsink 2,9 slot yang dibuat untuk banyak ruang kepala termal dan pengoperasian yang tenang di bawah kebutuhan GPU dengan watt tertinggi saat ini. Udara didorong melalui heat sink dengan area permukaan tinggi menggunakan tiga kipas berteknologi Axial. Sama seperti pada pendingin ROG Strix, kipas sentral berputar searah jarum jam sementara dua di sisi berputar berlawanan arah jarum jam untuk mengurangi turbulensi. Desain yang telah terbukti ini juga memungkinkan RPM yang lebih tinggi dan lebih banyak pergerakan udara melalui heat sink tanpa peningkatan jejak akustik yang sesuai. Lapisan aluminium bersudut dengan desain industrial terbaru yang kokoh membungkus heat sink untuk memberikan kesan performa yang baik.

Pelat belakang aluminium yang memiliki panjang yang lebar menambahkan sentuhan gaya ke sistem dengan grafis TUF Gaming yang halus, serta lubang ventilasi besar di depan PCB yang dibuat pendek menyediakan rute lain untuk udara panas memasuki jalur aliran udara casing. Teknologi perakitan Auto-Extreme, digunakan di seluruh jajaran, secara tepat menempatkan dan menyolder komponen tanpa campur tangan manusia untuk meningkatkan keandalan dan kualitas bangunan. Rezim pengujian 144 jam dan kapasitor ekstra kokoh memastikan keandalan yang luar biasa dan masa pakai yang lama. Pengguna juga dapat mempersonalisasi kartu grafis agar sesuai dengan sistem lainnya menggunakan LED Aura RGB onboard.

SPESIFIKASI

ROG STRIX LC Radeon™ RX 6900 XT OC Edition

  • AMD® Radeon™ RX 6900 XT
  • Memory speed: 16 Gbps
  • PCIe® interface: 4.0
  • 1 x USB Type-C®
  • 1x Native HDMI 2.1b
  • 2x Native DisplayPort 1.4a

TUF Gaming Radeon™ RX 6900 XT OC Edition

  • AMD® Radeon™ RX 6900 XT
  • Memory speed: 16 Gbps
  • PCIe® interface: 4.0
  • 1 x Native HDMI 2.1b
  • 3 x Native DisplayPort 1.4a

Artikel Terkait: