Cara Aktivasi Sirekap Via Telegram Dengan Mudah Dan Lengkap!

Cara Aktivasi Sirekap Via Telegram Dengan Mudah Dan Lengkap!

Cara Aktivasi Sirekap Via Telegram Dengan Mudah Dan Lengkap! Aplikasi Sirekap tengah banyak dicari oleh masyarakat. Sirekap atau Sistem Informasi Rekapitulasi Berbasis Elektronik adalah sebuah inovasi baru yang dikeluarkan oleh pemerintah membantu proses pemungutan suara secara lebih praktis. Untuk sekarang ini, Sirekap masih dalam tahap beta atau percobaan. Jadi belum dirilis secara resmi sehingga hanya beberapa wilayah yang yang telah mendapatkan akses untuk aplikasi tersebut. Nah, untuk bisa menggunakan Sirekap, pengguna harus mulai dengan melakukan download aplikasi, lalu melakukan proses instalasi, dan terakhir melakukan registrasi sekaligus aktivasi. Ulasan akan membahas lebih lanjut tentang cara aktivasi Sirekap via telegram, mudah dan lengkap. Check this out.

  • Cara Mudah Download Dan Install Aplikasi Sirekap

Sebelum ke pembahasan utama, akan dijelaskan singkat juga tentang cara mudah download  dan install aplikasi Sirekap. Yaitu sebagai berikut,

  1. Cari link download apk Sirekap di google, atau bisa klik link berikut https://www.mediafire.com/file/gevpp40qmv2446t/Sirekap-V1.8.2-Javasiana.com.apk/file.
  2. Kemudian klik tombol download via mediafire, lalu tunggu hingga prosesnya selesai.
  3. Selanjutnya masuk proses install, pertama pergi ke pengaturan perangkat dan aktifkan opsi unkwon source.
  4. Setelah itu, buka file apk Sirekap terbaru yang telah diunduh. Lalu buka aplikasi tersebut dan lakukan instruksi yang muncul.
  5. Tunggu hingga proses instalasi selesai hingga akhir.
  • Cara Mudah Registrasi Dan Aktivasi Sirekap Via Telegram

Setelah berhasil menginstall aplikasi, berikutnya pengguna harus melakukan proses registrasi dan aktivasi. Prosesnya bisa dilakukan via telgram. Proses ini secara khusus membutuhkan aplikasi telegram. Seperti apa caranya? Langsung cek di bawah ini,

Cara Aktivasi Sirekap Via Telegram Dengan Mudah Dan Lengkap!

  1. Pertama, download dulu aplikasi telegram jika belum ada. Aplikasi telegram bisa diunduh secara mudah langsung via google play store. Proses instalasinya juga bisa dilakukan secara otomatis setelah proses unduhan lengkap. Tinggal search di google play store, lalu download, dan install. Tunggu hingga terpasang, kemudian buat akun pada aplikasi telegram tersebut.
  2. Setelah aplikasi Sirekap dan telegram terinstall, maka bisa lanjut ke proses registrasi dan aktivasi. Yaitu, buka aplikasi telegram, lalu pada pencarian ketik kata “SirekapPilkada2020bot”.
  3. Lalu buka dan masuk pada menu chatting, selanjutnya ketikan chat berikut “/start” lalu kirim. Chat kedua, ketik berikut “/Register(spasi)kode kelurahan(spasi)nomor TPS(spasi)No Hp(spasi)Nama KPPS” lalu kirim.
  4. Setelah itu akan muncul balasan “Pengguna berhasil didaftarkan pada sistem, silahkan ikuti prosedur aktivasi”. Setelah itu kirim chat berikut “/activation(spasi)NIK(spasi)No HP”. Setelah itu akan muncul link aktivasi yang bisa diapakai untuk mengakses akun.
  5. Selanjutnya klik link tersebut, dan peserta akan diminta untuk membuat password setelah itu klik tombol register berwarna hijau. Catat password jika perlu agar tidak sampai lupa.
  6. Tahap berikutnya lakukan login pada link uma-sirekap.kpu.go.id, dengan memasukan no Hp dan password lalu klik tombol login. Berikutnya, lakukan pendaftaran kode akses caranya dengan memasukan kode akses sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kode akses juga sangat penting, jadi lebih baik dicatat agar tidak sampai lupa.
  7. Tahap terakhir yaitu, buka aplikasi sirekap lalu masukan kode akses yang telah dibuat.

Setelah melakukan semua langkah di atas, maka proses registrasi dan aktivasi Sirekap telah berhasil. Itulah ulasan cara aktivasi Sirekap via telegram, mudah dan lengkap. Semoga dengan membaca ulasan di atas bisa membantu para pembaca. Sekian ulasan kali ini sampai jumpa pada ulasan menarik lainnya.

Artikel Terkait: