Amankah Pakai Konverter Molex-PCIe untuk Graphic Card?

Amankah Pakai Konverter Molex-PCIe untuk Graphic Card?

Jika pada suatu saat kalian membeli graphic card baru untuk PC gaming. Graphic card baru tersebut membutuhkan power PCIe 6 atau 8 pin dari power supply. Namun, power supply yang kalian miliki, tidak memiliki power pin PCIe sama sekali. Sebagai jalan keluar, kalian mencari adapter atau konverter dari Molex 4 pin ke PCIe 6 atau 8 pin. Tentunya, hal ini akan memudahkan kalian untuk menjalankan graphic card di PC gaming kalian.

Adapter atau konverter Molex ke PCIe bukanlah solusi untuk hal ini. Karena kabel konverter dapat terbakar dan membuat power supply memberikan daya listrik yang salah pada komponen lainnya. Hal ini disebabkan karena kapasitas daya maksimum kabel Molex 4 pin adalah 54 Watt. Sedangkan power PCIe 6 pin membutuhkan daya listrik hingga 75 Watt. Sehingga ada kemungkinan kabel tidak kuat menahan daya listrik dan terbakar.  Umumnya, bagian kabel yang terbakar adalah sambungan kabel ke port pin Molex/ PCIe.

Jika power supply kalian tidak memiliki kabel power PCIe untuk graphic card, sebaiknya kalian segera menggantinya. Karena terdapat resiko besar untuk penggunaan adapter atau konverter Molex ke PCIe. Selain itu, power supply yang tersebut memang tidak di desain untuk digunakan bersama graphic card.

Artikel Terkait: