PC Gaming Harus Pakai Stabilizer?

PC Gaming Harus Pakai Stabilizer?

Stabilizer sangat disarankan untuk para pemiliki PC Gaming. Karena stabilizer berguna untuk menstabilkan tegangan yang masuk ke PC gaming kalian. Tegangan listrik rumah umumnya tidak stabil di 220 volt, terkadang turun atau naik. Hal ini dipengaruhi oleh cuaca atau jaringan listrik. Jika tegangan listrik yang masuk ke power supply tidak stabil, maka power supply dapat rusak. Power supply juga dapat memberikan tegangan yang salah pada komponen lainnya, seperti motherboard atau graphic card, sehingga komponen tersebut rusak.

Stabilizer juga memiliki efisiensi selayaknya power supply. Rata-rata efisiensi stabilizer berkisar mulai dari 50 hingga 70%. Jika kalian menggunakan power supply 500 Watt, maka pilihlah stabilizer dengan kapasitas 1000 Watt. Merek dan keaslian produk juga mempengaruhi efisiensi dan kualitas stabilizer. Sehingga kalian harus memilih stabilizer dengan merek yang baik.

Berikut saran 2 stabilizer untuk power supply dengan daya 500 Watt:

  • Stabilizer Matsunaga 1000 Watt
    Tersedia dalam 2 varian, made in China dan made in Japan.
    Untuk varian made in China harga sangat terjangkau, yaitu Rp 300.000. Namun, kualitas dan efisiensi tentu tidak sebanding dengan varian made in Japan. Untuk itu, pilih stabilizer dengan kapasitas daya 1000 Watt (2x lipat daya power supply komputer).
    Sedangkan untuk varian made in Japan, dijual dengan harga Rp 3.375.00. Kalian dapat menghubungkan monitor maupun barang elektronik lain dengan daya yg kecil pada stabilizer ini.
  • Stabilizer APC LSW-2000
    Stabilizer ini dapat menstabilkan tegangan mulai dari 165 hingga 285 Volt. Selain itu, APC LSW-2000 juga sudah dilengkapi dengan power surge, sehingga menghindari komponen kalian dari sambaran petir. Produk ini cukup terjangkau dengan harga Rp 650.000.

Artikel Terkait: