Nvidia dilaporkan memangkas pasokan karena lambatnya penjualan GPU RTX 4070

Nvidia dilaporkan memangkas pasokan karena lambatnya penjualan GPU RTX 4070

Yang satu ini masih sebatas rumor, tapi Nvidia dilaporkan menghentikan sementara produksi dan pasokan kartu grafis RTX 4070 , yang tampaknya disebabkan oleh lambatnya penjualan.

Sumber di Tiongkok, forum Board Channel/Bobantang (via Benchlife), melaporkan adanya rumor pengurangan pasokan, dengan konsensus yang menyatakan bahwa Nvidia akan mengurangi pasokan RTX 4070 selama kurang lebih satu bulan.

Implikasinya adalah bahwa RTX 4070 belum terjual sebaik yang diharapkan, tentu saja tidak sebanding dengan peningkatan produksi yang dilakukan oleh tim hijau untuk peluncuran ini, sehingga ada banyak kartu yang tidak terjual di toko-toko ritel. Oleh karena itu, Nvidia mengurangi pasokan untuk membantu menaikkan harga.

Tentu saja RTX 4070 telah tersedia secara luas sejak peluncurannya. Dalam beberapa hari terakhir, beberapa kartu telah muncul di toko-toko ritel di seluruh dunia dengan harga di bawah harga eceran yang direkomendasikan Nvidia.

Kami telah berbicara dengan para peritel di Inggris yang mengatakan bahwa penjualan RTX 4070 mereka jauh di bawah yang mereka harapkan. Meskipun para gamer telah melihat kartu-kartu tersebut di situs-situs ritel ini, terbukti dari lalu lintas yang mereka dapatkan di halaman-halaman tersebut, jumlah orang yang benar-benar membeli kartu tersebut masih rendah.

Salah satu penjual di Inggris, saat ini memiliki tidak kurang dari tiga buah RTX 4070 dengan harga di bawah MSRP. Yang termurah, Gainward GeForce RTX 4070 Ghost , dijual dengan harga £ 549,95, yang berarti sekitar $ 568 setelah dikurangi pajak penjualan sebesar 20% di Inggris. Harga tersebut jauh lebih murah dari harga resmi MSRP RTX 4070 yang mencapai $599.

Ini semua menimbulkan pertanyaan apakah strategi harga premium Nvidia mulai mengalami tekanan. Seperti yang telah kami laporkan, hampir semua komponen perangkat keras PC lainnya telah kembali ke tingkat harga sebelum pandemi, dengan beberapa komponen, termasuk penyimpanan dan RAM, berada di titik terendah dalam sejarah.

Jadi, kartu grafis megabuck sekarang sudah sangat jarang ditemukan. Hal ini tercermin dari fakta bahwa harga telah mendominasi diskusi dengan peluncuran setiap GPU Nvidia RTX 40 yang baru.

Paling tidak, “pembatalan peluncuran” RTX 4080 12GB  dan memposisikannya kembali pada titik harga yang lebih rendah dengan merek RTX 4070 Ti  merupakan respons langsung terhadap reaksi negatif terhadap strategi penetapan harga premium.

Dengan adanya pemberitaan negatif dengan setiap rilis baru, RTX 4070 yang tidak terjual dengan baik, dan Nvidia yang mungkin terpaksa membatasi pasokan sebagai konsekuensinya, akan sangat menarik untuk melihat di mana perusahaan menetapkan harga GPU RTX 40 di masa depan seperti RTX 4060 Ti dan RTX 4060. Meskipun kami tidak berharap untuk menyukai harga yang ditetapkan Nvidia, kami menduga harga tersebut masih akan lebih rendah dari yang semula diinginkan atau diharapkan oleh Nvidia.

Artikel Terkait: