Phil Spencer Mengonfirmasi Microsoft Mencoba Membeli Zynga Sebelum Akuisisi Take-Two

Phil Spencer Mengonfirmasi Microsoft Mencoba Membeli Zynga Sebelum Akuisisi Take-Two

Take-Two Interactive mengumumkan rencana untuk mengakuisisi Zynga pada tahun 2022, tetapi bos Xbox Phil Spencer mengungkapkan bahwa Microsoft secara serius mempertimbangkan untuk membeli raksasa game mobile tersebut sebelum itu.

Selama pemeriksaan silang di persidangan Microsoft FTC hari ini, Spencer berbicara tentang perjuangan dalam bisnis game mobile, mengatakan Xbox tidak memiliki “strategi untuk menang secara organik dalam game mobile”. Spencer bersikeras bahwa gamer mobile tidak menginginkan pengalaman konsol Xbox tradisional, dan gamer konsol tidak meminta pengalaman khusus di mobile.

Spencer mengungkapkan bahwa Microsoft mencoba mengakuisisi Zynga untuk mengatasi masalah ini, namun pengembang tersebut justru diakuisisi oleh Take-Two dengan harga $12,7 miliar. Pada saat itu, ini adalah akuisisi perusahaan game terbesar dalam sejarah. Spencer mengakui Microsoft menghabiskan “cukup banyak waktu” untuk mengerjakan potensi akuisisi Zynga, namun ternyata Microsoft menginginkan sesuatu yang lebih besar lagi untuk memulai bisnis mobile.

“I have a lot of respect for the people at Zynga and what they’ve built. In the end, for our opportunity, we thought we needed to have something that was even bigger than what Zynga was given our very small starting space in the mobile gaming business,”

Pada November 2021, perhatian Microsoft beralih ke akuisisi Activision Blizzard. Spencer mencatat bahwa Activision adalah penerbit konten seluler terbesar di luar China berkat waralaba King yang sudah ada seperti Candy Crush.

“I spent time with Amy Hood, the CFO of [Microsoft], to look at the mobile opportunities that were in the market, and Activision was the biggest publisher of mobile content. And it’s a partner we know well, given a long history of working together, so we both had comfort with the studios and the teams. But most important was their portfolio and engagement they had on mobile.”

Microsoft juga dilaporkan mempertimbangkan untuk membeli Zynga pada tahun 2010, ketika Don Mattrick masih menjalankan bisnis Xbox.

Artikel Terkait: