PeningkatanFSR 3.1 dari AMD menawarkan peningkatan yang juga bisa digunakan User Nvidia
Pada hari Kamis kemarin, AMD mengumumkan peningkatan teknologi Boost Frame Rate untuk gaming mereka, yaitu AMD FidelityFX Super Resolution 3.1 (FSR 3.1). Teknologi ini nantinya akan tersedia di 40 game, baik yang sudah ada maupun yang akan dirilis.
Ada beberapa hal baru dalam FSR 3.1. Pertama, ada mode Native AA yang belum dijelaskan fungsinya secara detail, namun kemungkinan besar ditujukan untuk meningkatkan kualitas anti-aliasing.
Kedua ada perubahan menarik yang mungkin tidak langsung terlihat:
AMD telah memisahkan Fitur upscaling FSR 3.1 dari frame generation. Ini artinya, ada kemungkinan teknologi upscaling FSR dari AMD bisa dipasangkan dengan teknologi grafis DLSS dari Nvidia atau XeSS dari Intel. Singkatnya, pengguna GPU Nvidia dan Intel berpotensi mendapat manfaat dari teknologi FSR 3.1 ini.
AMD telah menambahkan FSR 3 ke beberapa judul game, yaitu:
- Avatar: Frontiers of Pandora
- Farming Simulator 22
- Like a Dragon: Infinite Wealth
- REMNANT II
- Starfield
- The Last of Us Part I
- The Thaumaturge
Teknologi FSR 3.1 sendiri akan hadir di 21 game mendatang, termasuk:
- Cyberpunk 2077
- Dragon’s Dogma 2
- Dying Light 2 Stay Human
- Frostpunk 2
- Ghost of Tsushima Director’s Cut
- NARAKA: BLADEPOINT
- Ratchet & Clank: Rift Apart (game pertama yang menerima update FSR 3.1)
- Warhammer 40,000: Space Marine 2
Perlu dicatat bahwa update FSR 3.1 untuk Ratchet & Clank: Rift Apart baru akan tersedia akhir tahun ini.
AMD meluncurkan FSR 3 tahun lalu sebagai alternatif dari DLSS 3 Nvidia. Teknologi DLSS 3 menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menghasilkan frame tambahan, sedangkan FSR 3 lebih mengandalkan interpolasi frame tradisional (teknik untuk membuat frame perantara).
Tujuan keduanya sama, untuk menciptakan frame tambahan sehingga permainan menjadi lebih lancar pada GPU yang biasanya tidak bisa mencapai fps tinggi.
AMD mengunggulkan kemampuan FSR 3.1 yang baru dalam meningkatkan kestabilan temporal dan mengurangi efek ghosting. Dengan FSR 3.1, efek berkilau yang terkadang muncul pada FSR akan berkurang. Efek tersebut masih ada, namun intensitasnya berkurang.
Sama seperti FSR 3.0, teknologi FSR 3.1 yang baru ini tidak akan serta merta mengubah pengalaman bermain game Kalian menjadi Immersive. AMD tetap merekomendasikan agar PC Kalian sudah bisa menjalankan game minimal pada 60fps Average, meskipun Kalian perlu menurunkan resolusi atau kualitas grafis untuk mencapainya. Selain itu, AMD juga menyarankan agar Kalian menyesuaikan frame rate sesuai dengan batasan variable-rate display (VRR) yang Kalian gunakan untuk menghilangkan screen tearing.
Singkatnya, dengan adanya peningkatan terus-menerus pada teknologi seperti FSR dan DLSS, umur pakai GPU Anda bisa sedikit lebih panjang sebelum Anda perlu melakukan upgrade. Dan itu tentunya kabar baik.