Microsoft Bereksperimen Dengan Mode Handheld Windows untuk Steam Deck

Microsoft Bereksperimen Dengan Mode Handheld Windows untuk Steam Deck

Microsoft sedang bereksperimen dengan menambahkan mode genggam Windows untuk Steam Deck, menurut video yang bocor dari hackathon September 2022 di Microsoft menunjukkan beberapa elemen UI yang dioptimalkan untuk mode genggam prototipe. Dalam hackathon ini, karyawan dapat mempresentasikan ide kepada eksekutif Microsoft dan mereka dapat mendukung dan mengirimkannya.

Pertama kali ditemukan oleh The Verge, video tersebut pertama-tama menjelaskan beberapa masalah yang dimiliki Steam Deck, seperti kurangnya dukungan pengontrol di luar aplikasi dan game Steam. Keyboard sentuh tidak dioptimalkan untuk perangkat genggam dengan layar sekitar 7 inci, dan juga tidak ada dukungan untuk navigasi pengontrol pada keyboard. Selain itu, beberapa game Windows tidak dapat dibuka atau dijalankan dengan baik karena tidak dapat menginterpretasikan memori bersama Steam Deck dengan benar.

Dorothy Feng, seorang karyawan Microsoft, membuat maket seperti apa potensi mode Windows Handheld, termasuk peluncur prototipe yang memiliki aplikasi seperti Xbox, Steam, Epic, dan EA Play yang terdaftar. Ada juga keyboard yang dinavigasi oleh pengontrol dan dioptimalkan untuk sentuhan. Bilah tugas dapat diciutkan untuk menampilkan hanya ikon-ikon penting dan diperluas untuk interaksi sentuh yang lebih mudah.

Tim ini juga mulai bekerja dengan komunitas pengembang di belakang SWICD, atau Steam Deck Windows Controller Driver, yang menemukan cara untuk menggunakan kontrol Steam Deck secara global di Windows.

Meskipun tidak jelas apakah proyek ini akan dikirimkan, Microsoft telah menjadi pendukung Steam Deck sejak dirilis. Pada bulan Maret 2022, Microsoft dan Valve bekerja sama untuk membuat xCloud dan Xbox Game Pass berfungsi di Steam Deck.

Steam Deck telah menjadi perangkat genggam yang populer, dengan pesaing yang mencoba memanfaatkan kesuksesannya, seperti Ayaneo 2, dan yang terbaru, ROG Ally dari Asus.

Artikel Terkait: