Pembaruan Terbaru Windows 11 Menghapus Aplikasi Cortana

Pembaruan Terbaru Windows 11 Menghapus Aplikasi Cortana

Cortana, asisten virtual Microsoft, telah dihapus dari Windows 11.

Dalam pembaruan baru untuk Windows 11, Microsoft telah menghapus aplikasi Cortana khusus dari sistem operasinya. Microsoft mengonfirmasi hilangnya aplikasi Cortana untuk Windows 11 pada halaman dukungan dan mencatat bahwa Cortana untuk tampilan Teams mobile Teams dan Teams Rooms akan dihapus pada musim gugur ini. Namun, Cortana di Outlook mobile akan tetap tersedia.

Awalnya dirilis pada tahun 2014 untuk Windows Phone untuk menyaingi iPhone dan asisten virtual Siri dari Apple, Cortana adalah asisten virtual yang dinamai sesuai dengan karakter fiksi Cortana dari seri Halo. Kira-kira setahun kemudian, Microsoft secara bertahap meluncurkan asisten virtual ini ke Windows 10, perangkat mobile, dan bahkan Xbox One.

Meskipun dalam beberapa tahun terakhir, Microsoft mulai mengakhiri dukungan untuk aplikasi asisten virtual Cortana karena telah dihapus dari dasbor Xbox melalui pembaruan konsol pada Juli 2019, dan aplikasi Cortana untuk Android dan iOS dihapus pada Maret 2021.

Meskipun Microsoft secara perlahan menghentikan dukungan untuk Cortana, perusahaan ini telah membuat kemajuan dan investasi dalam alat AI-nya. Yang paling menonjol, Microsoft sedang mengerjakan Windows Copilot, asisten baru yang didukung oleh kecerdasan buatan.

Artikel Terkait: