Laptop terbaru Intel menghilangkan kemungkinan untuk mengganti Memory

Laptop terbaru Intel menghilangkan kemungkinan untuk mengganti Memory

Memasang Memory pada Chip berarti produsen hanya bisa memiliki 32GB kapasitas Ram, and para pengguna tidak bisa menambahnya dengan SO-DIMM

Sekarang ini sudah sulit untuk mencari laptop dengan Ram yang bisa ditambah.
dan akan menjadi lebih sulit lagi nanti, Mulai pada Processor Generasi Lunar Lake nanti intel akan menanamkan memory pada Processornya sendiri, hanya ada kapasitas 16gb dan 32gb, dengan begitu laptop tidak bisa lagi untuk ditambah kapasitas ram nya setidaknya untuk Chip seri Luanr Lake

Dalam kasus ini Intel mengikuti apa yang dilakukan oleh Apple, yang dimana mereka sudah lebih dulu menanamkan Memory pada Processor berbasis Arm, hal ini sama dengan apa yang ditawarkan pada Smartphone dan Tablets. yang berarti Laptop intel terbaru akan memberikan pilihan yang sangat sedikit pada Produsen dan tidak memberikan pilihan apapun pada pembeli.


“Bagian teknisnya adalah kami ingin memiliki notebook luar biasa yang dapat bersaing dengan kompetitor di ekosistem,” kata Jim Johnson, Senior Vice President di Intel.
“Dan itulah yang kami buat. Dan kami pikir 16 GB dan 32 GB adalah pilihan yang tepat, dan ya, itu tidak dapat ditingkatkan lagi, tetapi ini adalah landasan arsitektur kami ke depannya dan kami akan menawarkan opsi tersebut di masa mendatang.”

Processor Lunar Lake akan memberikan Vendor laptop Pilihan untuk menggunakan Memory LPDDR5X, dengan kapasitas 32GB dan 8.5GBps. Memory Tanam ini akan memberikan Kehematan Ruang sampai 250 Milimeter kubik


Jika Kalian ingin memasang atau meningkatkan RAM sendiri, atau Anda membutuhkan lebih dari 32GB RAM – dan banyak yang membutuhkannya untuk laptop kelas atas – Kalian harus menunggu. Menurut Johnson, “langkah selanjutnya dalam roadmap akan menawarkan opsi yang lebih tradisional.” Kapasitas RAM yang lebih tinggi sepertinya sudah pasti, tetapi “opsi yang lebih tradisional” mungkin tidak berarti produsen laptop atau pengguna akhir akan mendapatkan akses ke perluasan memori.


Seperti dicatat oleh Mark Hachman dalam kajian mendalamnya tentang Lunar Lake, berita ini masuk akal secara teknis karena prosesor menjadi lebih kecil dan lebih bergantung pada memori secepat kilat untuk performanya. Namun berita ini sangat mengecewakan karena kita melihat adopsi format memori CAMM2 yang lebih luas, yang memungkinkan kapasitas memori lebih tinggi dengan ukuran fisik yang lebih kecil (dan yang terpenting, ruang vertikal yang jauh lebih sedikit) tanpa mengorbankan opsi peningkatan modular.

Artikel Terkait: