Teknologi terbaru dari PowerColor menggunakan NPU untuk mengurangi Penggunaan Daya untuk Gaming.


Mungkin sekarang sudah waktunya para Gamer memiliki alasan untuk memiliki NPU pada perangkat mereka

Melalui (harukaze5719) PowerColor sedang membangun teknologi baru yang di sebut “Edge AI”
AI yang memberikan kemampuan GPU AMD Radeon RX untuk menggunakan NPU (Neural Processing Units) untuk menurunkan Konsumsi Daya Listrik

Dalam Demonstrasinya, Konsumsi daya saat menjalankan Game Cyberpunk 2077 Menurun Drastis dari 263.2W menjadi 205.3W, memberikan 22% Kehematan Daya, jauh lebih baik daripada AMD Power Saving Mode yang hanya memberikan 18% Penghematan Daya.

PowerColor menjelaskan bahwa Teknologi Edge AI mereka bekerja lewat komunikasi antara GPU dan GUI milik PowerColor, yang bekerja bersama untuk memberikan jalan dari GPU ke NPU.
Menurut IT Media, testbench di Computex yang menggunakan NPU terhubung secara eksternal ke GPU, membuat kita bertanya-tanya apakah penghematan daya NPU serupa dapat dicapai melalui NPU pada CPU, seperti seri Ryzen 8000. PowerColor juga mengklaim dalam pers bahwa Edge AI On sedikit meningkatkan performa. Di saat yang sama, reviewer mengatakan bahwa ada penurunan FPS sebesar 10% antara komputer uji NPU yang lebih efisien dan GPU standar.

Sepertinya NPU akan tetap dikembangkan dalam Komputerasi, dan Potensi yang diberikan untuk Membantu Performa Gaming akan menjadi Terobosan Besar dalam Teknologi Desktop, NPU Telah menjadi Standard baru Laptop High End sejak 2023 saat Intel Core Ultra Rilis, NPU menjadi Sempurna untuk Penggunaan Mobile, Komputasi AI sangat bergantung pada Processor, Maka AI Accelerator yang ada pada laptop saat ini akan membutuhkan Efisiensi tinggi untuk Memberikan Ketahanan Baterai yang lebih baik. Pasar Desktop sepertinya tidak terlalu membutuhkan NPU karna mereka sudah memiliki Dedicated GPU yang bisa melakukan Kalkulasi AI dengan Kekuatan yang jauh lebih besar walau tidak se-efisien NPU.

AMD membawa NPU pada Processor Desktop mereka Ryzen 8000G Series, tapi mereka tidak memiliki rencana untuk membawa Kembali NPU pada Pengumuman Ryzen 9000 Mereka, berdasarkan bagaimana PowerColor melalukan research pada Edge AI, ada kemungkinan kita bisa melihat PowerColor merilis GPU baru yang memiliki NPU Built-in, atau kita bisa melihat kembali CPU Desktop yang memiliki NPU yang bisa menambah Efisensi untuk Gaming sama seperti apa yang dilakukan Edge AI milik PowerColor

Artikel Terkait: