BOS Intel Lip-Bu Tan Mengundurkan Diri Setelah Diduga Berselisih Pendapat tentang Manajemen Perusahaan

BOS Intel Lip-Bu Tan Mengundurkan Diri Setelah Diduga Berselisih Pendapat tentang Manajemen Perusahaan

Anggota dewan Intel, Lip-Bu Tan, telah mengundurkan diri dari dewan, setelah dilaporkan berselisih dengan CEO pembuat chip tersebut, Pat Gelsinger.

Mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut, Reuters melaporkan bahwa Tan merasa frustrasi dengan ‘tenaga kerja yang membengkak’ di perusahaan, selain ‘budaya yang menghindari risiko’ dan kegagalan Intel untuk menetapkan strategi kecerdasan buatan (AI) yang berarti.

Hal ini bertentangan dengan pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Tan, di mana ia mengatakan keputusannya untuk pergi adalah “keputusan pribadi berdasarkan kebutuhan untuk memprioritaskan kembali berbagai komitmen, dan saya tetap mendukung perusahaan dan pekerjaan pentingnya.”

Tan bergabung dengan dewan Intel pada September 2022. Selain menjadi CEO Cadence Design Systems, menurut profil LinkedIn-nya, ia juga merupakan Ketua Walden International – sebuah perusahaan modal ventura yang berbasis di San Francisco, California – dan merupakan anggota dewan non-voting di Schneider Electric.

Berita ini hanya menambah masalah bagi Intel. Awal pekan ini, CNBC melaporkan bahwa Intel sedang bertemu dengan penasihat dan telah mempekerjakan Morgan Stanley untuk membantu membela diri dari investor aktivis.

Tidak jelas apakah kampanye aktivis akan diluncurkan atau apakah investor aktivis sejauh ini hanya terlibat dalam pembicaraan dengan perusahaan untuk mencoba membawa perubahan. Perwakilan untuk Intel dan Morgan Stanley sama-sama menolak permintaan komentar dari CNBC.

Berita ini muncul di tengah rencana pemotongan biaya sebesar $10 miliar yang diterapkan oleh perusahaan setelah mencatat kerugian bersih $1,6 miliar untuk Q2 2024 dan mengumumkan akan memangkas lebih dari 15.000 pekerjaan dari tenaga kerjanya global.

Artikel Terkait: