Intel Luncurkan GPU Arc A760A untuk Pengalaman Gaming AAA di Mobil

Intel Luncurkan GPU Arc A760A untuk Pengalaman Gaming AAA di Mobil

Intel memperkenalkan GPU diskrit terbaru untuk industri otomotif. Pada acara Intel AI Cockpit Innovation Experience di Shenzhen, China, perusahaan ini memamerkan Arc A760A. Jack Weast, Wakil Presiden dan GM Intel Automotive, mengklaim GPU baru ini mampu menghadirkan “pengalaman gaming AAA yang sama seperti di rumah, langsung di dalam mobil.” Kendaraan dengan GPU terbaru ini dijadwalkan meluncur pada tahun 2025.

Arc A760A dirancang untuk membantu produsen mobil menciptakan kokpit berbasis AI yang canggih. Selain fitur bantuan pengemudi, GPU ini juga akan mendukung pengalaman penumpang yang lebih personal, mirip dengan yang ditemukan di industri PC. Kokpit yang semakin canggih menjadi faktor penting dalam menarik pembeli mobil.

Intel menambahkan Arc A760A ke portofolio produknya, termasuk SoC kendaraan yang ditentukan perangkat lunak (SDV) yang didukung AI. Meskipun beberapa model mobil entry-level dan menengah mungkin cukup dengan grafis terintegrasi dari SoC, model yang lebih tinggi dapat menawarkan fitur premium dengan Discrete GPU. Selain itu, Intel menegaskan bahwa perangkat lunak yang dikembangkan untuk platform iGPU akan sepenuhnya kompatibel dengan A760A.

Arc A760A memiliki 28 inti Xe dan TBP 225W, sama dengan GPU desktop Intel Arc A750. Namun, versi otomotif ini menawarkan hingga dua kali lipat kapasitas VRAM dengan 16GB GDDR6.

Pengalaman lain yang ditawarkan oleh A760A termasuk skalabilitas yang luar biasa, interaksi kaya dengan suara, kamera, dan gerakan, personalisasi yang dalam dan cerdas dengan kemampuan menjalankan LLM lokal, serta kemampuan menangani kebutuhan hiburan dalam mobil.

Intel bekerja sama dengan lebih dari 100 pengembang perangkat lunak independen (ISV) untuk menciptakan lebih dari 500 fitur dan aplikasi AI untuk mobil.

Dengan Arc A760A, Intel bertujuan untuk mengubah cara kita berinteraksi dengan mobil, menghadirkan pengalaman hiburan dan informasi yang lebih imersif dan personal.

Artikel Terkait: