Zotac ikutan membuat Portable Gaming PC, berapa harganya ?


Nvidia dan produsen mini-PC Zotac kini menerima pre-order untuk handheld gaming pertamanya, Zone, yang dikabarkan akan dijual dengan harga $799 di beberapa wilayah dan retailer online terpilih. Perangkat ini dilengkapi dengan AMD Ryzen 7 8840U (Hawk Point) APU dan Radeon 780M graphics berbasis arsitektur Zen 4 dan RDNA 3.

Beberapa fitur unggulan dari Zotac Gaming Zone adalah penggunaan sensor efek hall untuk trigger dan analog stick, yang diklaim dapat mencegah drifting. Perangkat ini juga memiliki dial radial pada kedua analog stick dan dual trackpad. Zone telah diinstal dengan Windows 11 Home, menempatkannya sebagai pesaing langsung Asus ROG Ally X dan beberapa handheld gaming PC terbaik lainnya karena beberapa komponennya, termasuk APU dengan arsitektur yang sama dengan delapan core, 16 thread dengan clock hingga 5.1 GHz dan grafis on-chip dengan 12 compute unit dengan clock 2.7 GHz.

Harganya tidak berbeda dengan Asus ROG Ally X. Kedua handheld gaming ini memiliki spesifikasi yang serupa, kecuali Ally X tidak memiliki layar AMOLED 7 inci 1080p atau dual touchpad. Sebagai gantinya, Ally X memiliki RAM 24GB LPDDR5X-7500 yang lebih praktis dan SSD 1TB PCIe 4.0 2280, sedangkan Zotac Gaming Zone memiliki dua pertiga RAM dan setengah penyimpanan internal.

Selain itu, Zone memiliki baterai 48.5 Wh tiga sel yang jauh lebih kecil, sedangkan Ally X memiliki baterai 80 Wh empat sel. Kedua handheld gaming ini memiliki Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.2 yang sama untuk konektivitas nirkabel, microSD untuk penyimpanan eksternal, dan dua port USB Type-C. Zotac juga menambahkan kamera 1MP 720p, yang mungkin tidak menarik tergantung pada kualitas video dan prioritas pengguna.

Perbandingan Spesifikasi Zotac Gaming dan Asus ROG Ally X

Zotac Gaming ZoneAsus ROG Ally X
CPUAMD Ryzen 8840U (Zen 4 with 8C/ 16T clocked up to 5.10 GHz)AMD Ryzen Z1 Extreme (Zen 4 with 8C/ 16T clocked up to 5.10 GHz)
GPUAMD Radeon 780M ( AMD RDNA3 12CU up to 2.7 GHz)AMD RDNA3 12CU up to 2.7 GHz
RAM16GB LPDDR5X-750024GB LPDDR5X-7500
Storage512MB M.2 PCIe 4.0 2280 SSD1TB M.2 PCIe 4.0 2280 SSD
Battery48.5 Wh80 Wh
PortDual USB Type-C, MicroSD SlotDual USB ports, MicroSD Slot
WirelessWi-Fi 6E BT 5.2Wi-Fi 6E BT 5.2
Weight692 gms678 gms
Dimension11.2 x 4.5 x 1.4 inch11.02 x 4.37 x 1.45 inch

Ketika melihat konfigurasi tersebut, seseorang mungkin bertanya-tanya mengapa memiliki konfigurasi perangkat keras seperti itu. ROG Ally X memiliki penyimpanan internal, RAM, dan baterai yang lebih besar untuk segmen harga tersebut, yang membuatnya lebih menarik daripada layar AMOLED dan dual trackpad. Namun, tambahan pada Zotac Gaming Zone tidak hanya itu di atas kertas.

Zotac menyebutkan bahwa Zone dirancang untuk pegangan yang lebih nyaman, yang mungkin menjelaskan mengapa perangkat ini sedikit lebih panjang secara vertikal. Zotac tidak melewatkan jack audio 3.5mm, memiliki dua sakelar makro, dan memiliki pemindai sidik jari pada tombol power-nya. Mengintegrasikan kickstand bawaan adalah ide yang bagus, dan memiliki pegangan yang baik sama pentingnya untuk handheld.

Cukuplah dikatakan bahwa pasar handheld gaming semakin jenuh sementara memiliki sedikit perbedaan satu sama lain – selain pilihan desain dan trade-off. Sementara Asus ROG Ally X akan memiliki SteamOS 3 BETA, dan kemungkinan handheld gaming lainnya akan memiliki SteamOS 3 BETA pada waktunya. Tetapi Windows 11 memungkinkan Anda menginstal peluncur game lainnya dan menjalankan Game Pass (Steam Deck dapat, tetapi melalui browser) secara native, sejumlah besar mod, dan hampir semua hal lain yang dapat Anda lakukan dengan PC. Di sinilah handheld gaming berbasis Windows memiliki keunggulan dibandingkan Steam Deck.

Hal penting juga untuk diperhatikan bahwa handheld Windows harus mempertimbangkan untuk memiliki Windows 11 yang dibloat untuk memberikan pengalaman terbaik dan tidak mengikuti jejak OEM PC dan notebook. Sekarang banyak pembuat PC dan periferal yang masuk ke pasar ini, Zotac membutuhkan perangkat keras terbaik yang dapat mereka berikan untuk harganya.

Oleh karena itu, seseorang tidak akan lama berpikir mana dari dua yang lebih disukai – handheld gaming dengan baterai, penyimpanan, dan RAM yang lebih besar atau yang lain dengan layar AMOLED tetapi dengan setengah bagian pentingnya?

Artikel Terkait: