Intel Mengoptimalkan Set Instruksi X86S yang Diperkecil – Revisi 1.2 Menghilangkan Fitur 16-bit dan 32-bit

Intel Mengoptimalkan Set Instruksi X86S yang Diperkecil – Revisi 1.2 Menghilangkan Fitur 16-bit dan 32-bit

Intel terus bekerja pada revisi arsitektur x86 yang belum dirilis, yang disebut X86S, dan telah merilis spesifikasi versi 1.2 dari ISA (melalui InstLatX64 di X).

Raksasa processor ni mengusulkan tahun lalu bahwa sudah saatnya untuk memperkenalkan versi 64-bit yang diperkecil dari arsitektur x86, yang dibuat Intel bersama dengan chip 8086 yang terkenal pada tahun 1970-an. Karena Intel dan AMD menambahkan banyak kemampuan ke ISA yang berumur panjang, banyak fitur telah menjadi “usang”, menurut Intel.

Versi 1.2 yang baru dari X86S sebagian besar menyoroti banyak hal yang telah dihapus, terutama fitur 16-bit dan 32-bit. Intel memang menambahkan “mode kompatibilitas 32-bit”, tetapi tidak jelas apa yang sebenarnya dilakukannya; kami telah menghubungi Intel untuk berkomentar.

Yang paling penting, ISA X86S yang baru akan menghapus dukungan 32-bit asli, yang telah menjadi kurang berharga sejak CPU 64-bit pertama tiba pada awal tahun 2000-an, diikuti oleh sistem operasi 64-bit seperti Windows 7 beberapa tahun kemudian. Pada bulan Februari, distributor game digital terbesar di dunia, Steam, tidak lagi mendukung perangkat MacOS 32-bit.

Meskipun menyederhanakan dan memodernisasi salah satu arsitektur yang paling banyak digunakan di dunia bisa menjadi tujuan yang berharga, dukungan untuk perangkat keras dan perangkat lunak warisan telah menjadi salah satu karakteristik utama x86. Windows, yang terutama dijalankan pada PC yang dilengkapi dengan chip x86, secara tradisional memiliki dukungan warisan, dan beralih ke X86S dapat memutus sejarah tersebut.

Jika Intel menggunakan X86S untuk CPU-nya di masa depan, ada juga pertanyaan besar tentang apa yang akan dilakukan AMD sebagai perancang utama CPU x86 lainnya. Meskipun Intel selalu menjadi perusahaan yang lebih besar (dan masih demikian hingga saat ini meskipun ada krisis yang sedang berlangsung di Intel), AMD juga penting dalam sejarah x86 dan mengembangkan versi 64-bit saat ini dari ISA, yang dikenal sebagai x86-64 atau AMD64.

Secara kebetulan, versi 64-bit AMD dari x86 kemungkinan menghancurkan arsitektur 64-bit Intel sendiri.

Artikel Terkait: