OBS Studio 31.0.0 Beta 1 Tidak Lagi Mendukung NVENC pada GPU Nvidia Kepler seperti GTX 600 dan GTX 700

OBS Studio 31.0.0 Beta 1 Tidak Lagi Mendukung NVENC pada GPU Nvidia Kepler seperti GTX 600 dan GTX 700

OBS Studio telah menghentikan dukungan untuk generasi pertama GPU Nvidia yang dilengkapi dengan dukungan encoding hardware GPU. Versi terbaru dari software streaming dan perekaman, 31.0.0 Beta 1, tidak lagi berfungsi dengan GPU Kepler seri GTX 600 dan 700.

Para pengembang di balik OBS tidak memberikan alasan untuk menghentikan dukungan GPU Kepler, tetapi hal ini dapat diprediksi akan terjadi pada suatu saat. Tiga tahun lalu, Nvidia menghentikan dukungan driver untuk jajaran GTX 700 series yang didukung Kepler, membuat kompatibilitas perangkat lunak dengan arsitektur GPU kuno ini kurang relevan untuk aplikasi modern.

Arsitektur GPU Kepler adalah desain GPU pertama Nvidia yang mengintegrasikan encoder NVENC, dan dilengkapi dengan akselerator perangkat keras. Kepler menampilkan NVENC generasi pertama Nvidia, yang hanya mampu melakukan encoding dalam H.264. Tidak dikenal sebagai encoder berkualitas tinggi dan sering dikalahkan oleh encoder berbasis perangkat lunak yang beroperasi pada CPU. Juga sangat terbatas dalam fitur, hanya mendukung Chroma 4:2:0 dan tidak memiliki opsi encoding lossless. Meskipun demikian, hal ini membuka jalan bagi encoder NVENC masa depan untuk bersaing dengan encoder perangkat lunak dalam hal kualitas dan fitur.

Jika Kalian adalah salah satu dari sedikit orang yang masih menggunakan GTX 600 atau 700 series untuk tujuan encoding, versi sebelumnya dari OBS Studio masih mendukung encoder NVENC pada GPU berbasis Kepler.

OBS Studio 31.0.0 Beta 1 menambahkan banyak fitur dan perubahan baru ke aplikasi streaming/perekaman, termasuk blur Nvidia baru, filter Background, dan fitur Chat YouTube Official. Perubahan spesifik Nvidia meliputi implementasi NVENC yang direfaktor dengan berbagai perbaikan. Fitur SDK 12.2 seperti split encoding, B-Frames references, dan Target Quality VBR mode dari SDK lama kini didukung. Refactoring NVENC ini mungkin menjadi alasan mengapa dukungan Kepler dihilangkan

Artikel Terkait: