Huawei Siap Rilis Processor AI Baru untuk Saingi Nvidia

Huawei Siap Rilis Processor AI Baru untuk Saingi Nvidia

Huawei sedang mempersiapkan Ascend 910C, Processor AI terbaru yang ditujukan untuk pasar China dan dirancang untuk bersaing dengan penawaran Nvidia, seperti HGX H20 yang sudah ada dan B20 berbasis Blackwell yang dikabarkan akan datang. Menurut Wall Street Journal, perusahaan itu telah memberikan sampel processor baru kepada mitra-mitranya di antara operator telekomunikasi China.

Perusahaan-perusahaan besar China, termasuk Baidu, ByteDance, dan China Mobile, telah menguji Ascend 910C milik Huawei. Menurut Huawei, perangkat ini setara dengan H100 milik Nvidia, tetapi tidak jelas dalam hal benchmark mana Ascend 910C dapat dibandingkan dengan produk andalan generasi sebelumnya dari Nvidia. Dylan Patel, seorang analis dari firma riset SemiAnalysis, percaya bahwa 910C milik Huawei merupakan kemajuan yang signifikan dan dapat mengungguli B20 milik Nvidia, tetapi ia tidak memberikan rincian.

Potensi permintaan untuk Ascend 910C sangat besar, dan pembicaraan awal menunjukkan bahwa pesanan dapat melebihi 70.000 unit, bernilai sekitar $2 miliar, menurut WSJ. Huawei menargetkan pengiriman mulai Oktober, tetapi jumlah pesanan akhir dan jadwal pengiriman masih belum pasti.

Awal tahun ini, Dylan Patel memperkirakan bahwa Huawei dapat menjual sekitar 550.000 unit Ascend 910B pada tahun 2024, kurang dari sekitar satu juta unit HGX H20 milik Nvidia tetapi masih merupakan angka yang cukup besar. Namun, menurut rumor, Ascend 910B dihantui oleh cacat, sehingga sulit bagi Huawei untuk mencapai target pengirimannya. Dengan asumsi bahwa gosip tersebut benar, maka salah satu tujuan desain Ascend 910B adalah meningkatkan hasil produksi (dengan menggunakan perpustakaan desain yang berbeda dan/atau dengan mengurangi aturan desain tertentu, mirip dengan apa yang dilakukan Huawei dengan Kirin 9010) dan kemudian meningkatkan kinerja.

Meskipun ada kemajuan, Huawei masih bergulat dengan tantangan produksi. Perusahaan telah mengalami penundaan dengan produk-produknya yang diduga dibuat oleh SMIC, sebagian karena sanksi AS yang ada yang membatasi akses ke alat manufaktur canggih. Huawei juga dilaporkan sedang mempersiapkan diri untuk pembatasan AS tambahan, yang dapat mengurangi pengiriman memori bandwidth tinggi (HBM) ke China (sehingga perusahaan dilaporkan menimbun HBM2E). Perusahaan juga menginstruksikan pembuat processor kontraknya untuk meningkatkan suku cadang alat dan cadangan bahan baku karena sanksi AS di masa depan dapat mengganggu rantai pasokannya.

Sementara dibatasi oleh kontrol ekspor, Nvidia terus menjual versi downgraded GPU AI-nya, seperti HGX H20, kepada pelanggan China. Namun, GPU ini kurang kuat daripada yang tersedia di pasar lain, yang membuat banyak klien China tidak puas karena ini membatasi posisi kompetitif internasional mereka. Ascend 910C baru milik Huawei dapat mengisi celah ini jika dapat memenuhi target produksi.
Persaingan antara Huawei dan Nvidia di pasar China semakin memanas. Jika Huawei dapat meningkatkan produksi Ascend 910C tanpa hambatan lebih lanjut, Nvidia dapat dengan cepat kehilangan keunggulan kompetitifnya di China, di mana ia telah melihat penurunan permintaan untuk GPU yang kurang kuat. Untuk menghindari hal ini, Nvidia terus mengembangkan GPU yang dirancang khusus untuk mematuhi aturan ekspor AS, seperti B20 yang akan datang. Namun, masih belum pasti apakah processor ini akan mendapatkan persetujuan untuk ekspor ke China karena harus lebih kuat daripada HGX H20.

Artikel Terkait: