Official Israel Memperingatkan AS terhadap Bahaya Spionase Rusia melalui Kaspersky

Kaspersky

Official Israel berhasil meretas jaringan milik Kaspersky dan memperingatkan Amerika Serikat tentang gangguan Rusia yang mengakibatkan Amerika memerintahkan setiap software Kaspersky dihilangkan dari setiap komputer pemerintahan.

Operasi Rusia ini dideskripsikan oleh mereka yang telah mengetahui masalah ini sebagai dokumen rahasia yang telah dicuri dari pekerja NSA (National Security Agency) yang disimpan secara tidak benar pada komputer rumah di mana komputer tersebut memiliki software antivirus Kaspersky. Menjadikan software tersebut menjadi semacam mesin pencari Google tapi khusus untuk informasi sensitif yang tidak diungkap secara publik.

Seperti software keamanan lainnya, produk dari Kaspersky Lab membutuhkan akses ke semua data yang disimpan ke komputer untuk mencari virus atau hal berbahaya lainnya. Cara paling terkenal adalah dengan melakukan pemeriksaan tanda untuk software jahat atau malware kemudian menyingkirkannya atau menetralisirnya dengan cara memberikan laporan kembali ke Kaspersky. Prosedur tersebut adalah hal yang jamak dilakukan banyak software keamanan ini secara tidak langsung memberikan akses sempurna untuk intelijen Rusia untuk mendapatkan data di komputer atau apapun yang menarik.

Kaspersky Lab sendiri menyangkal semua pemberitaan yang terkait tentang hal tersebut dan menyangkal dalam keterlibatannya dengan intelijen Rusia. “Kaspersky Lab tidak pernah membantu, dan tidak akan pernah membantu pemerintahan manapun di dunia dalam hal spionase siber,” adalah pernyataan perusahaan tersebut.

Share