Venezuela Mendorong Pergerakan Ekonomi dengan Mata Uang Digital Petro


Tinggal menunggu masalah waktu hingga teknologi blockchain akan mengganti dunia. Apakah mata uang digital akan menjadi bagian dari dunia sendiri masih terbuka untuk perdebatan. Tapi negara di benua Amerika, Venezuela sepertinya akan menjadi bagian dari demam mata uang digital. Sebagai negara yang pernah kaya dan hingga akhirnya sekarang memasuki keadaan ekonomi dan keamanan sipil seperti sekarang, banyak cara yang pemerintah Venezuela cari untuk mendapatkan biaya pemerintahan dan sepertinya keputusan tersebut adalah dengan mengembangkan mata uang digital Petro yang seperti namanya akan terkait dengan pemasukan utama Venezuela: minyak.

Sebagai bagian dari pra-penjualan petro, investor ditawarkan token petro senilai $60 dengan harga diskon sehingga mereka dapat menukarnya dengan mata uang digital yang sebenarnya pada saat ICO (Initial Coin Offering). Setelah ICO terlewati, petro akan merepresentasikan sebuah barel minyak mentah dari divisi spesifik di lingkar minyak Orinco milik Venezuela. Bisa dibilang hal tersebut adalah langkah berisiko tinggi di mata investor, tapi seperti biasanya, ada opsi trading yang tersedia.

Nicolas Maduro Petro Venezuela

Proses peluncuran yang membeli tersebut (yang sarat langkah politik) sendiri belum jelas bahkan belum dipastikan akhirnya. Beberapa jam sebelum peluncuran, mata uang digital tersebut mengubah cara kerja blockchain dari Ethereum menjadi NEM. Dan presiden Venezuela, Nicolas Maduro berkata bahwa mata uang digital tersebut berhasil mengumpulkan dana $735 juta. Tapi blockchain NEM menunjukkan kalau mata uang digital petro sendiri tidak terdapat transaksi nyata.

Artikel Terkait: