Streaming di Discord adalah salah satu cara yang lebih baik untuk memanfaatkan dukungan GPU AV1

Streaming di Discord adalah salah satu cara yang lebih baik untuk memanfaatkan dukungan GPU AV1

Generasi GPU ini telah memperkenalkan dukungan untuk teknologi baru dan menarik, AV1. Ini adalah codec video yang secara dramatis mengurangi jumlah data yang diperlukan untuk video online berkualitas tinggi, yang membuatnya sangat cocok untuk streaming langsung, dan sekarang Anda dapat memanfaatkannya melalui Discord.

Pembaruan terbaru Discord secara resmi menggabungkan dukungan AV1 untuk siapa saja yang memiliki GPU seri RTX 40 yang mampu mengkodekannya. Anda dapat mengaktifkan fitur ini di pengaturan Anda, asalkan Anda memiliki GPU kelas atas, dan fitur ini akan digunakan ketika Anda melakukan siaran langsung di server Discord atau panggilan suara, asalkan semua orang juga mengaktifkan pengaturan tersebut.

Discord mengatakan bahwa Anda akan dapat “melakukan streaming langsung dalam 4K hanya dengan kecepatan 8 Mbps” dengan menggunakan AV1.

AV1 secara dramatis menurunkan ‘biaya’ streaming dalam resolusi tinggi, termasuk 4K dan 8K. AV1 memangkas kebutuhan bitrate secara besar-besaran, yang berarti lebih sedikit data, dan yang lebih penting lagi, lebih sedikit bandwidth, yang diperlukan untuk memancarkan video secara detail di web. Setelah semua orang terbiasa dengan AV1, kita akan melihat peningkatan besar pada kualitas konten video yang disiarkan langsung secara keseluruhan.

AV1 memerlukan akselerasi agar dapat berjalan dengan efisien. Hal ini disampaikan melalui sirkuit khusus, yang membutuhkan encode dan decode. Nvidia RTX 40-series, AMD RX 7900-series, dan Intel Arc Alchemist semuanya memberikan dukungan AV1 yang mengesankan, namun, kartu AMD atau Intel saat ini tidak didukung dalam aplikasi Discord.

Artikel Terkait: