Dolphin Emulator Tidak Akan Dirilis di Steam

Dolphin Emulator Tidak Akan Dirilis di Steam

Dolphin, emulator open-source untuk Nintendo GameCube dan Wii, tidak akan lagi dirilis di Steam.

Dalam sebuah posting blog yang diterbitkan hari ini, Tim Proyek Dolphin Emulator mengumumkan bahwa mereka membatalkan perilisan emulator tersebut di Steam. “Kami membatalkan upaya kami untuk merilis Dolphin di Steam,” kata tim Dolphin Emulator Project. “Valve pada akhirnya menjalankan toko dan dapat mengatur kondisi apa pun yang mereka inginkan agar perangkat lunak muncul di sana.”

Tim di balik Dolphin mengumumkan rencananya pada akhir Maret lalu untuk merilis emulator tersebut di platform distribusi digital PC Valve, Steam. Namun, pada bulan Mei, tim tersebut mengumumkan bahwa perilisan Steam “ditunda tanpa batas waktu” setelah menerima perintah penghentian dan penghentian dari Nintendo.

Beberapa hari kemudian, dilaporkan Valve telah memberi tahu Nintendo bahwa Dolphin Emulator akan dirilis di Steam. Tim proyek emulator mencatat dalam posting blog bahwa penasihat hukum Nintendo meminta Valve menghentikan perilisan emulator di Steam dan Valve mengatakan kepada tim bahwa mereka “harus mencapai kesepakatan dengan Nintendo” sebelum dapat merilisnya di platform tersebut. Nintendo membela keputusannya untuk mengeluarkan penghentian dan penolakan terhadap emulator tersebut, dengan bersikeras bahwa keberadaannya “merugikan pengembangan dan pada akhirnya menghambat inovasi”.

Dolphin Emulator pada awalnya dirilis pada tahun 2003, dan selain berjalan di komputer Windows, ia juga berjalan di beberapa platform lain. Etika dan legalitas emulasi video game merupakan topik yang sering dibahas dalam industri ini, namun posisi Nintendo sudah jelas, dan hal ini memberikan dampak yang menakutkan bagi komunitas emulasi. Bulan lalu, Reddit menutup subreddit emulasi dan pembajakan Nintendo Switch yang paling menonjol setelah jumlah anggotanya membengkak setelah peluncuran The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom.

Artikel Terkait: