Starfield Dapatkan Update Nvidia untuk Tingkatkan Performa PC

Starfield Dapatkan Update Nvidia untuk Tingkatkan Performa PC

Nvidia telah merilis update yang bertujuan untuk meningkatkan performa Starfield.

Pembaruan ini menargetkan performa pada kartu seri RTX 30 dan 40. Dalam sebuah posting blog, Nvidia mengatakan bahwa pengujian internal menunjukkan bahwa GPU seri 40 mengalami peningkatan performa rata-rata 5%.

“Hari ini, Nvidia merilis profil Resizable BAR untuk Starfield yang meningkatkan performa pada GPU desktop dan laptop GeForce RTX 40 Series dan GeForce RTX 30 Series,” ujar Nvidia. “Dalam skenario pengujian kami, GPU desktop GeForce RTX 40 Series mengalami peningkatan performa rata-rata sebesar 5%. Pembaruan Starfield Resizable BAR akan didorong melalui pembaruan Over-The-Air (OTA) dari NVIDIA dan secara otomatis diterapkan untuk gamer yang menjalankan Game Ready Driver terbaru (537.34) atau rilis sebelumnya (537.17).”

Pakar teknologi di Digital Foundry mengatakan bahwa Starfield merupakan “pengalaman yang jauh lebih buruk” pada Nvidia dan Intel dibandingkan dengan AMD. Maka, pembaruan ‘over-the-air’ ini akan disambut baik oleh mereka yang memainkan game role-playing luar angkasa Bethesda pada GPU Nvidia.

Driver terbaru Nvidia juga menambahkan pengaturan optimal sekali klik untuk Starfield, yang seharusnya memudahkan pemain untuk mengonfigurasi opsi permainan secara instan untuk perangkat keras sistem mereka.

Ketika Starfield diluncurkan dalam bentuk akses awal pada 1 September lalu, Starfield dipastikan tidak menyertakan dukungan untuk teknologi supersampling Nvidia yang sangat populer, Deep Learning Super Sampling (DLSS). Starfield versi PC hanya secara resmi menyertakan dukungan untuk satu teknologi supersampling: FidelityFX Super Resolution (FSR) dari AMD, khususnya iterasi kedua FSR. Pengaturan PC juga tidak mendukung teknologi supersampling Intel, Xe Super Sampling (XeSS).

Bethesda menuai kritik dari para gamer PC atas keputusan tersebut, yang diduga berkaitan dengan kesepakatan AMD dan Bethesda untuk menjadikan pembuat GPU tersebut sebagai “mitra PC eksklusif untuk Starfield”. AMD bersikeras bahwa tidak ada yang bisa menghentikan Bethesda untuk menambahkan dukungan DLSS jika pengembang menginginkannya. Para modder telah merilis mod DLSS untuk Starfield, meskipun bukan tanpa kontroversi.

Ada banyak hal yang terjadi di dunia Starfield. Game ini telah dimainkan oleh lebih dari enam juta pemain sejak diluncurkan, menjadikan Starfield sebagai game terbesar yang pernah diluncurkan Bethesda. Para pemain telah menemukan cara membuat kapal yang tidak dapat ditabrak oleh AI, menemukan banyak referensi tersembunyi untuk game lain seperti Skyrim, dan menggunakan ribuan kentang untuk memamerkan fisika yang “menakjubkan”.

 

Artikel Terkait: