Modder Menyulap RX 5600XT dengan Menambah VRAM nya menjadi 16gb dan menignkatkan memory bus nya hingga 256 Bit



YouTuber dan modder Paulo Gnomes telah melakukan salah satu modifikasi memori paling ekstrem, menggunakan RX 5600 XT Red Devil. Modder ini berhasil menambahkan kapasitas memori GPU tersebut, dari 6GB menjadi 16GB, serta meningkatkan bandwidth memori menjadi 256-bit. Modifikasi ini, dikombinasikan dengan overclocking manual, memungkinkan RX 5600 XT Red Devil untuk berjalan 29% lebih cepat dibandingkan dengan konfigurasi bawaan 6GB 192-bit. Menurutnya Modding kali ini sangatlah sulit

Pertama, dia harus melakukan beberapa percobaan untuk memodifikasi BIOS RX 5600 XT dengan mengubah kode heksadesimal yang tepat untuk menyeting GPU agar membuka kunci pengontrol memori tambahan yang terdapat pada die Navi 10. Setelah menemukan kode yang tepat, dia kemudian harus menemukan BIOS yang bagus dari GPU Navi 10 lain untuk dipindahkan ke Red Devil. Tampaknya, BIOS bawaan menghasilkan skor benchmarking yang mengerikan pada Unigine Superposition. Namun pada akhirnya, dia berhasil menemukan BIOS yang bekerja dengan baik dan mengembalikan performa


Dengan kedua modifikasi tersebut, Paulo pada dasarnya telah mengubah RX 5600 XT menjadi Radeon Pro RX 5700 XT yang di undervolt. Radeon Pro 5700 XT hadir dengan chip Navi 10 yang sama dengan RX 5600 XT, tetapi memiliki bus selebar 256-bit dan memori 16GB sejak awal.

Jika Paulo dapat membuka kunci core shader, maka dia juga dapat meningkatkan jumlah core 5600 XT dari 2.304 menjadi 2.560. Namun sayangnya, belum ada yang menemukan cara untuk melakukan ini pada GPU modern.

Dari segi performa, RX 5600 XT menghasilkan 3.944 poin dalam Unigine Superposition dari Versi Bawaanya. Dengan mod memori yang diterapkan, performa kartu meningkat 11% menjadi 4.387 poin. Terakhir, dengan overclock, kartu tersebut mencapai 5.115 poin, yang merupakan peningkatan mengesankan dari performa bawaan yaitu hampir 30%. Setidaknya pada tes ini.

Sayangnya, Paulo tidak menguji kartu tersebut pada Game intensif memori yang menggunakan lebih dari 6GB VRAM. Meskipun demikian, benchmark Superposition yang diberikan menunjukkan betapa pentingnya bandwith itu sendiri.

Melakukan mod seperti ini sangat tidak praktis, terutama pada GPU mid-range dari beberapa tahun lalu. Namun, menarik untuk melihat sejauh mana GPU dapat didorong dengan modifikasi.

Artikel Terkait: