Intel akhirnya mengumumkan solusi untuk masalah crash dan ketidakstabilan CPU mereka

Intel akhirnya mengumumkan solusi untuk masalah crash dan ketidakstabilan CPU mereka

Intel Mengumumkan Solusi untuk Crash dan Ketidakstabilan CPU Generasi ke-13 dan ke-14

Intel akhirnya mengumumkan penyebab utama dari masalah crash dan ketidakstabilan yang dialami CPU (Central Processing Unit) generasi ke-13 dan ke-14 mereka. Perusahaan tersebut mengonfirmasi bahwa tegangan (voltage) yang terlalu tinggi adalah penyebabnya.

Untuk mengatasi masalah ini, Intel akan merilis pembaruan microcode pada pertengahan Agustus mendatang. Pembaruan ini diharapkan dapat mengakhiri saga panjang yang dimulai dari laporan sporadis pertama tentang crash CPU pada Desember 2022 yang semakin sering terjadi hingga akhir 2023.

Temuan dan Solusi

Masalah ini menyebabkan PC tiba-tiba mengalami crash/BSOD (Blue Screen of Death) saat bermain game atau menjalankan program berat lainnya. Sayangnya, pembaruan microcode ini tidak dapat memperbaiki prosesor yang sudah terdampak.

Melalui investigasi, Intel menemukan bahwa microcode CPU yang salah adalah penyebab utama dari ketidakstabilan tersebut. Microcode yang bermasalah menyebabkan CPU meminta level tegangan yang lebih tinggi, sehingga prosesor beroperasi di luar batas amannya.

Pembaruan microcode yang sedang divalidasi ini bertujuan untuk memperbaiki masalah tersebut. Pembaruan akan didistribusikan melalui update BIOS dari produsen motherboard dan melalui update Windows. Waktu ketersediaan untuk pengguna akhir mungkin akan bervariasi.

Dampak dan Garansi

Bug ini menyebabkan kerusakan permanen pada prosesor yang terdampak. Pembaruan microcode tidak dapat memperbaiki prosesor yang sudah mengalami crash, tetapi diharapkan dapat mencegah masalah pada prosesor yang belum terdampak.

Untuk saat ini, belum jelas apakah CPU yang terpapar voltase berlebihan telah mengalami kerusakan tersembunyi yang belum menimbulkan crash, tetapi dapat menyebabkan masalah di masa mendatang.

Intel menyarankan semua pelanggan yang mengalami masalah untuk menghubungi layanan pelanggan mereka. Karena pembaruan microcode tidak dapat memperbaiki prosesor yang terdampak, Intel akan tetap menggantinya. Mereka menjamin penggantian (RMA) untuk semua pelanggan yang terdampak.

Sebelumnya, Intel menyarankan pelanggan untuk menggunakan pengaturan daya dasar untuk prosesor mereka, daripada menggunakan pengaturan yang sepenuhnya terbuka. Instruksi tersebut masih berlaku untuk saat ini, dan Intel belum mengeluarkan solusi baru untuk pelanggan yang terdampak.

Belum jelas apakah Intel akan mencabut batasan yang ada setelah mereka mengeluarkan patch.

Intel sebelumnya telah memperbaiki bug eTVB yang berkontribusi pada masalah ini, tetapi sekarang menyatakan microcode sebagai penyebab utamanya. Patch microcode saat ini tidak menunjukkan dampak negatif pada performa (misalnya, CPU berjalan lebih lambat), tetapi pengujian masih berlangsung.

Intel akan membagikan informasi lebih lanjut tentang performa di masa mendatang. Perusahaan tersebut belum membagikan detail mendalam tentang bug tersebut, tetapi menyatakan akan melanjutkan proses validasi untuk memastikan microcode dapat mengatasi masalah ini sepenuhnya.

Masalah Oksidasi via

Selain itu, Intel juga menanggapi rumor tentang masalah oksidasi via pada proses manufaktur Intel 7 mereka. Perusahaan tersebut menyatakan bahwa masalah tersebut telah diatasi pada tahun 2023 dan bukan penyebab crash pada prosesor Raptor Lake.

Penarikan Produk?

Intel tidak mengeluarkan penarikan produk untuk prosesor mereka. Sumber yang dekat dengan masalah tersebut mengatakan bahwa penarikan produk tidak diharapkan.

Artikel Terkait: