RAM Besar terbaru Micron memiliki kecepatan 2x Lipat dari DDR5 Biasa, mampu mencapai 8,800MT/s

RAM Besar terbaru Micron memiliki kecepatan 2x Lipat dari DDR5 Biasa, mampu mencapai 8,800MT/s

Ini adalah upaya yang didukung AMD dan JEDEC untuk menstandarisasi memori DDR5 yang sangat lebar, berkapasitas tinggi, bandwidth tinggi, dan entah bagaimana harganya relatif murah. Dan sekarang, Micron telah meluncurkannya.

Kita sebagai pengguna biasa terbiasa dengan stick RAM “unregistered” standar yang membentuk beberapa RAM terbaik untuk gaming, tetapi server sering menggunakan DIMM “registered”, atau RDIMM. Ini mensangga instruksi kontrol mereka untuk meningkatkan keandalan, yang lebih penting untuk server daripada pengguna rumahan. MRDIMM, yang berarti Multi-Ranked buffered DIMM, bekerja pada desain RDIMM ini, tetapi menambahkan beberapa rank DRAM.

Menambahkan rank DRAM tambahan ke DIMM memungkinkan bandwidth memori yang lebih besar, yang akan menjadi semakin penting karena server menangani beban kerja AI yang semakin banyak.

Cara lain yang popular untuk meningkatkan bandwidth adalah dengan menumpuk DRAM dan menghubungkannya melalui Through-Silicon-Vias (TSVs), seperti yang dilakukan pada High Bandwidth Memory (HBM). Namun, cara ini mahal.

MRDIMM Lebih Murah dari HBM:

MRDIMM seharusnya tidak semahal HBM karena untuk memungkinkan beberapa rank DRAM, Anda hanya perlu memodifikasi register perangkat keras (penyangga). Inilah trik yang memungkinkan memori MRDIMM berjalan hingga 8.800 MT/s (dengan kapasitas hingga 256 GB).

Dengan menggabungkan dua transfer, satu dari setiap rank DRAM yang biasanya berjalan pada 4.400 MT/s saat dalam konfigurasi rank tunggal, lalu mengirimkannya ke CPU sekaligus, Anda menambahkan sedikit waktu penyangga (yaitu, latensi) tetapi menggandakan bandwidth efektif. Bandwidth ganda ini secara teori, seharusnya lebih dari cukup untuk menghilangkan latensi tambahan dibandingkan dengan kecepatan transfer rank tunggal.

Memori jenis ini sudah lama dikerjakan. Pada tahun 2022, Intel mulai bekerja dengan SK Hynix dan Renesas untuk mengembangkan MCR DIMM (Multiplexer Combined Ranks DIMM), khusus untuk server Intel. Kemudian, pada tahun 2023 dan dengan dukungan AMD, JEDEC mulai mengerjakan standar DDR5 MRDIMM, yang tampaknya kini dibawa Micron ke pasar.

Lucunya, modul DRAM MRDIMM Micron ditujukan untuk prosesor server Intel Xeon 6. Namun mengingat ini seharusnya menjadi standar terbuka, kita dapat berharap AMD akan membawanya ke server Epyc mereka dalam waktu dekat.

Di server mana pun RAM ini nantinya akan mengisi, rasa tertarik dan sedikit ngeri melihat mereka muncul. Maksud saya, apakah kita masih bisa menyebutnya stik RAM? Kita tidak bisa tidak bertanya-tanya seperti apa mereka jika dipasang di PC gaming kita. Bagaimanapun, mereka seharusnya muat. Tentu saja mereka tidak akan berfungsi, karena RDIMM tidak didukung pada motherboard biasa, tetapi mereka mungkin bisa menjadi bahan foto yang bagus.

Namun, kita para gamer tidak perlu terlalu kecewa karena tidak mendapatkan DIMM multi-rank sendiri. Kita punya banyak hal yang bisa dinantikan di departemen bentuk RAM. Yaitu CAMM2

Artikel Terkait: