AMD Tidak Akan memberikan perbaruan beberapa Processor yang Terkena Kerentanan Pencurian Data 

AMD Tidak Akan memberikan perbaruan beberapa Processor yang Terkena Kerentanan Pencurian Data 

Processor AMD yang dirilis sejak tahun 2006, yang jumlahnya dilaporkan mencapai ratusan juta chip, mengalami celah keamanan besar yang memungkinkan penyerang menyusup ke sistem secara hampir tidak terdeteksi. AMD Product Security telah merilis pembaruan untuk beberapa keluarga processor untuk mengurangi masalah ini, tetapi tidak semuanya akan perbarui.

AMD mengatakan, “Ada beberapa produk lama yang berada di luar kendali dukungan perangkat lunak kami.” AMD tidak memiliki rencana untuk memperbarui processor Ryzen 1000, 2000, dan 3000, atau model Threadripper 1000 dan 2000.

Meskipun demikian, sebagian besar processor AMD terbaru telah menerima opsi mitigasi untuk mengatasi masalah ini. Ini termasuk semua generasi processor EPYC AMD untuk pusat data, Threadripper terbaru, dan Processor Ryzen. Processor pusat data MI300A-nya juga mendapatkan pembaruan. Perusahaan mengatakan “Tidak ada dampak kinerja yang diharapkan” ketika ditanya tentang konsekuensi pembaruan. Dengan demikian, perusahaan kemungkinan masih melakukan tes kinerja untuk sepenuhnya menilai dampak tambalan pada kinerja sistem secara keseluruhan.

Berikut adalah semua Processor AMD yang diharapkan memiliki, atau sudah memiliki, pembaruan keamanan yang tersedia:

[Daftar chip yang akan mendapatkan pembaruan]

Data CenterEmbeddedDesktopHEDTWorkstationMobile
1st Gen AMD EPYC (Naples)AMD EPYC Embedded 3000AMD Ryzen 5000 Series (Vermeer/Cezanne)AMD Ryzen Threadripper 3000 Series (Castle Peak)AMD Ryzen Threadripper PRO (Castle Peak)AMD Athlon 3000 Series with Radeon Graphics (Dali/Pollock)
2nd Gen AMD EPYC (Rome)AMD EPYC Embedded 7002AMD Ryzen 7000 Series (Raphael) X3DAMD Ryzen Threadripper 7000 Series (Storm Peak)AMD Ryzen Threadripper PRO 3000WX (Chagall)AMD Ryzen 3000 Series with Radeon Graphics (Picasso)
3rd Gen AMD EPYC (Milan/Milan-X)AMD EPYC Embedded 7003AMD Ryzen 4000 Series with Radeon Graphics (Renoir)AMD Ryzen 4000 Series with Radeon Graphics (Renoir)
4th Gen AMD EPYC (Genoa/Genoa-X/Bergamo/Siena)AMD EPYC Embedded 9003AMD Ryzen 8000 Series with Radeon Graphics (Phoenix)AMD Ryzen 5000 Series with Radeon Graphics (Cezanne/Barcelo)
AMD Instinct MI300AAMD Ryzen Embedded R1000AMD Ryzen 6000 Series with Radeon Graphics (Rembrandt)
AMD Ryzen Embedded R2000AMD Ryzen 7020 Series with Radeon Graphics (Mendocino)
AMD Ryzen Embedded 5000AMD Ryzen 7030 Series with Radeon Graphics (Barcelo-R)
AMD Ryzen Embedded 7000AMD Ryzen 7035 Series with Radeon Graphics (Rembrandt-R)
AMD Ryzen Embedded V1000AMD Ryzen 7040 Series with Radeon Graphics (Phoenix)
AMD Ryzen Embedded V2000AMD Ryzen 7045 Series (Dragon Range)
AMD Ryzen Embedded V3000AMD Ryzen with Radeon Graphics (Hawk Point)

Ini adalah semua processor yang ditandai untuk menerima pembaruan sejauh ini, dan mencakup sebagian besar processor terbaru. Namun, kalian akan melihat bahwa beberapa processor lama, yang tetap populer di kalangan konsumen, tidak termasuk dalam daftar ini. Ini termasuk processor Ryzen 3000 dan yang lebih lama serta chip Threadripper 2000 dan yang lebih lama. processor Ryzen 9000 dan Ryzen AI 300 terbaru juga tidak termasuk dalam daftar, tetapi model yang baru dirilis ini mungkin telah mengatasi kerentanan ini dari pabrik.

Penyerang perlu mengakses kernel sistem untuk mengeksploitasi kerentanan Sinkclose, sehingga sistem harus sudah dikompromikan. Peretasan itu sendiri adalah vektor canggih yang biasanya hanya digunakan oleh peretas yang disponsori negara, sehingga sebagian besar pengguna biasa harus mempertimbangkannya.

Meskipun demikian, semua sistem Ryzen Embedded dan EPYC Embedded akan menerima pembaruan untuk menambal kerentanan. Ini karena sebagian besar mesin embedded dirancang untuk berjalan di latar belakang 24/7 dengan sedikit atau tanpa intervensi manusia selama beberapa tahun, artinya mereka dapat digunakan sebagai vektor serangan jika tidak diperbarui dengan benar.

Tetapi bahkan jika kalian tidak menyimpan rahasia negara di komputer pribadi kalian, kami tetap menyarankan untuk memperbarui chip kalian, jika kalian menerima pembaruan dari AMD. Dengan begitu, kalian memastikan bahwa kelian terlindungi dan tidak akan kehilangan data, bahkan jika kerentanan Sinkclose menjadi lebih banyak digunakan.

Artikel Terkait: