Ulas Motherboard Maxsun MS-B250MD4-Turbo dan MS-B250D4L


fs
ts
GTA V
tomb raider
aots

Nah itu dia tadi mengenai benchmarknya, Mengenai Performancenya B250 bisa dibilang oke oke aja. Perbedaan di kedua mobo ini bisa dilihat pada chip LAN nya. Pada mobo B250MD4 Turbo sudah memakai chip Lan yg mendukung kecepatan hingga 1000 mbit sedangkan pada B250D4L masih menggunakan chip yang hanya mendukung kecepatan hingga 100 mbit. Selanjutnya perbedaannya pada phasa, jika mobo B250MD4 Turbo memiliki 6 phasa, pada mobo B250D4L hanya 5 phasa. Pastinya jika kalian memang ingin memaki core i7 ataupun core i5 ada baiknya melirik H270 atau Z270. Selanjutanya perbedaan lainnya ada pada port sata, slot pci express, konektor display Internal GPU, dan USB.

Selanjutnya ada yang unik pada B250D4L ini, yaitu pada keyboard wake up. Pada kondisi masih baru di B250D4L, kalian tidak bisa wake up komputer kalian ketika windows di sleep, kalian harus tekan tombol on/off pada casing kalian. Jika kalian ingin wake up komputer kalian dengan keyboard, kalian harus memindahkan jumper wake up ke pin 2 & 3.

Untuk mengaktifkan Optane, pastikan Switch M.2 switch ke kiri semua, lalu pada bios ke menu startup boot option fiter rubah ke uefi, network ke uefi, storage ke uefi,video ke uefi lalu save masuk ke bios lagi, ke menu startup, csm support kalian disable, save masuk ke bios lagi, Kalian ke menu advance, Sata, Sata modenya kalian rubah ke intel RST save lalu ke install ulang windows kalian, jika kalian install denga USB pastikan create bootable kalian dengan partition scheme denga GPT for UEFI, setelah selesai install ulang, download intel optane memory driver dari web intel, install dan buka aplikasinya, enable intel optane. dan selesai.

Artikel Terkait:

Halaman: 1 2