Spesifikasi HDMI 2.1 terbaru untuk dukungan 8K60Hz dan 4K120Hz hingga 10K


Hari ini, HDMI Forum, Inc. merilis pengumuman mengenai HDMI 2.1 yang akan hadir dan akan dapat digunakan untuk semua pengguna HDMI 2.0. Spesifikasi terkahir ini akan mendukung sejumlah resolusi video dan refresh rate termasuk resolusi 8K 60 Hz dan 4K 120 Hz dan dapat menampilkan hingga 10K. Format Dynamic HDR juga sudah didukung dan bandwidth yang ditingkatkan hingga 48GBps. Untuk bisa mendapatkan bandwidth setinggi ini diperlukan kabel HDMI baru, yang dinamai Ultra High Speed HDMI. Kabel tersebut memastikan fitur yang menggunakan bandwidth tinggi bisa disampaikan dengan baik termasuk video 8K HDR tanpa kompresi.

HDMI 2.1

Versi HDMI 2.1 juga backward compatbile yang berarti perangkat yang memiliki HDMI 2.1 dapat menampilkan gambar pada perangkat yang baru memiliki versi sebelumnya.

 

Berikut adalah fitur yang dimasukkan pada HDMI 2.1:

  • Dukungan resolusi video lebih tinggi dengan refresh rate yang lebih tinggi termasuk 8K60Hz dan 4K120Hz untuk pengalaman menonton dan detail lebih tinggi pada video aksi tinggi. Resolusi hingga 10K juga didukung untuk AV komersial dan penggunaan industri, serta kebutuhan khusus lainnya.
  • Dukungan Dynamic HDR memastikan setiap momen dari sebuah video ditampilkan secara ideal untuk detail, kontras dengan gamut warna yang lebih lebar pada saat scene-by-scene serta frame-by-frame.
  • Dukungan kabel Ultra High Speed HDMI mendukung bandwidth hingga 48GB untuk dukungan uncompressed video. Kabel juga memiliki fitur EMI emission sangat rendah dan backward compatible dengan versi sebelumnya dan dapat digunakan pada perangkat HDMI yang sudah ada.
  • eARC menyederhanakan konektivitas, memberikan kemudahan penggunaan, serta mendukung format audio terbaru dengan kualitas tertinggi. Memastikan kompabilitas penuh antara perangkat audio dengan produk HDMI 2.1 yang akan datang.
  • Meningkatkan fitur refresh rate dan memastikan tambahan tingkat kemulusan dan gerakan seamless serta transisi untuk gaming, movie, dan video yang meliputi Enhanced refresh rate, Variable Refresh Rate (VRR), Quick Media Switching (QMS), Quick Frame Transport (QFT), dan Quto Low Latency Mode (ALLM).

Artikel Terkait: