Apple Developer Academy Resmi Dibuka di Indonesia


Senin 7 Mei 2018, Apple Developer Academy resmi Dibuka di Indonesia. Ini merupakan akademi pengembang Apple pertama di kawasan Asia Tenggata. Developer Academy tersebut ditujukan untuk menginspirasi dan melatih calon pengembang aplikasi generasi berikutnya, untuk sistem operasi seluler tercanggih di dunia. Kelas pertamanya yang terdiri dari 75 siswa. Mereka akan menjalani pelatihan selama satu tahun di kawasan pengembangan baru di daerah Tangerang Selatan, Banten.

Apple Developer Academy bertujuan untuk menantang dan menginspirasi siswa melalui metode pengajaran dan pembelajaran multidisiplin. Kelas harian  dipimpin oleh instruktur ahli yang terlatih. Ia mampu membekali siswa dengan keterampilan dan pengalaman untuk mewujudkan gagasan aplikasi mereka dan memasarkannya di App Store.

Kelas-kelas yang ada di akademi yang didukung oleh Apple tersebut mencakup Objective-C dan Swift. Swift adalah bahasa pemrograman Apple yang powerful dan intuitif yang digunakan untuk membuat aplikasi pada iOS, Apple TV, dan Apple Watch. Swift memberikan para pengembang kebebasan dan kemampuan yang  dibutuhkan untuk menciptakan perangkat lunak canggih generasi berikutnya.

“Kami senang bisa membuka Apple Developer Academy di Jakarta untuk membantu para pengembang dengan menyediakan pelatihan keterampilan yang mereka butuhkan untuk mengembangkan aplikasi iOS. Kami juga senang bisa bergabung dengan perekonomian industri aplikasi yang berkembang pesat,” kata Lisa Jackson, wakil presiden Apple yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, kebijakan, dan inisiatif sosial perusahaan. “Komunitas pengembang kreatif kami telah membantu App Store menjadi platform aplikasi terbaik di dunia dan ada peluang tak terbatas bagi orang-orang lintas usia di Indonesia untuk menciptakan aplikasi baru yang hebat untuk dapat dinikmati pelanggan di seluruh dunia.”

Apple Developer Academy adalah program kolaborasi antara Apple dengan salah satu institusi pendidikan swasta terkemuka di bidang ilmu komputasi dan ilmu teknik di Indonesia. Institusi tersebut memiliki pemahaman mendalam mengenai kurikulum apa yang cocok untuk dapat diterapkan kepada siswa-siswi Indonesia.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Apple untuk membantu memberdayakan perekonomian aplikasi di Indonesia dengan menciptakan developer kelas dunia di Apple Developer Academy. Kami melihat respon yang luar biasa dari para siswa, yang membuat kemajuan besar dalam pengembangan aplikasi yang inovatif dan berfungsi maksimal. Menjadi pengembang dan membuat aplikasi inovatif untuk masyarakat Indonesia serta pelanggan global adalah langkah positif untuk membangun literasi dan ekosistem digital yang kuat untuk masa depan.” kata rektor salah satu perguruan tinggi swasta.

Komunitas pengembang iOS di Indonesia berkembang pesat, tumbuh lebih dari 50% dalam dua tahun terakhir. Pada 2017 saja, pengembang iOS di seluruh dunia menghasilkan $ 26,5 miliar Amerika Serikat (AS).

Akademi Pengembang ini terbuka untuk mahasiswa di seluruh Indonesia. Mereka juga menyediakan beasiswa bagi mereka yang terpilih.

Artikel Terkait: