2 Tahun Kembali, Ini Hasil Penjualan Nokia dari HMD Global! Kembali Berjaya?

2 Tahun Kembali, Ini Hasil Penjualan Nokia dari HMD Global! Kembali Berjaya?

HMD Global baru-baru ini merayakan ulang tahunnya yang ke 2 tahun – perusahaan ini didirikan pada 1 Desember 2016, Penjualan perusahaan muda ini telah mencapai sekitar 70 juta ponsel dengan merek Nokia yang dibangkitkan kembali. Penjualan tersebut mencakup smartphone Android maupun ponsel fitur budget Nokia. Ponsel pertama yang mereka hadirkan ke pasar adalah Nokia 6. 

Ponsel yang paling populer biasanya dalam kisaran harga 3-4 Jutaan. Nokia 6.1 menjadi ponsel terlaris perusahaan secara global setelah mengambil mahkota dari Nokia 7 plus. Nokia 3.1 juga  berjalan dengan baik, setidaknya di Jerman.

Dengan segmen mid-range dan entry-level yang menjadi andalan, HMD benar-benar membutuhkan ponsel unggulan kelas flagship yang sukses. Sejauh ini, Nokia 8 Sirocco gagal memenuhi harapan, baik dari penggemar maupun dari perusahaan itu sendiri. HMD tidak berbicara tentang Nokia 9 yang sering dikabarkan.

penjualan nokia

HMD mengakui bahwa sebagian besar kesuksesannya adalah berkat kesetiaan penggemar terhadap merek Nokia, sehingga mereka fokus pada hal itu dengan membangun ponsel berkualitas tinggi. Tetapi terdapat sedikit masalah – hampir 80% pelanggan HMD berusia 35 tahun ke atas. Mereka adalah orang-orang yang mengingat Nokia di masa jayanya.

Jadi, HMD ingin menarik orang-orang muda, di bawah 20, kemungkinan memanfaatkan esports untuk promosi. Orang-orang di antara 20 hingga 35 tahun – akan menjadi fokus perusahaan ini di masa depan.

Kredit juga masuk ke Google. Kedua perusahaan tersebut berkolaborasi di depan perangkat lunak dan sebagai hasilnya hampir semua ponsel HMD Nokia menjalankan Android One (dan beberapa Android Go). Ini memastikan bahwa ponsel akan memiliki perangkat lunak terbaru untuk beberapa tahun mendatang.

 

Artikel Terkait: