Perbedaan Output Graphic APU, iGP, dan Onboard

Perbedaan Output Graphic APU, iGP, dan Onboard

Sebuah komputer membutuhkan tampilan output graphic atau grafis pada layar monitor. Output graphic pada layar dapat dihasilkan dari prosesor graphic pada komputer. Ada beberapa jenis prosesor graphic yang saat ini tersedia, seperti graphic card diskrit, integrated graphic processor (iGP), accelerated processing unit (APU), dan onboard graphic. Ada perbedaan mendasar pada jenis graphic tersebut berdasarkan arsitektur atau fungsi penggunaannya.

Graphic Card Diskrit

Graphic card menempati kasta tertinggi untuk performa dan penggunaan daya. Hal ini disebabkan graphic card merupakah komponen tambahan yang dapat diseuaikan dengan kebutuhan pengguna. Pengguna komputer gaming maupun desain profesional membutuhkan graphic card dengan performa tinggi untuk menunjang penggunaan softwarenya.  Graphic card gaming tersedia dari kelas terendah dengan harga murah seperti Nvidia GT 1030 atau AMD Radeon RX 550 hingga kelas tinggi seperti Nvidia RTX 2080Ti atau AMD Radeon RX 5700XT. Sedangkan untuk profesional tersedia Nvidia seri Quadro dan AMD seri Firepro. Saat ini Intel sedang berencana untuk merilis graphic card diskrit juga untuk menyaingi AMD dan Nvidia.

iGP atau Integrated Graphic Processor

iGP adalah prosesor graphic yang ada pada prosesor utama. iGP dapat berada pada die prosesor atau terpisah. iGP memiliki performa yang cukup rendah untuk keperluan gaming atau desain profesional. Namun, untuk keperluan perkantoran yang digunakan untuk menampilkan program Microsoft Office, browser, ERP, dan POS, iGP sudah lebih dari cukup. Saat ini iGP hanya tersedia untuk prosesor Intel yang tidak memiliki suffix -F.

APU atau Accelerated Processing Unit

APU dikembangkan oleh AMD untuk memenuhi kebutuhan gamer dengan budget terbatas. Graphic prosesor kelas low end gaming ini merupakan gabungan dari prosesor utama dan prosesor graphic yang dapat menggunakan RAM secara optimal sebagai VRAM yang memiliki performa yang lebih baik dibandingkan iGP. Saat ini APU tersedia pada prosesor laptop dan desktop Ryzen 3 hingga Ryzen 7. Untuk seri desktop, kalian dapat mengenali prosesor APU dengan suffix G. Contohnya Prosesor Ryzen 5 3400G menggunakan APU Radeon Vega 11 yang memiliki performa yang hampir menyamai Nvidia GeForce GT 1030.

Onboard Graphic

Saat ini, onboard graphic sudah tidak lagi digunakan karena sudah tergolong kuno. Onboard graphic merujuk pada peletakan prosesor graphic sederhana pada motherboard. Performa onboard graphic hanya mampu untuk menangani tampilan standar pada WIndows XP dan program perkantoran di masanya.

Artikel Terkait: