Perusahaan di Balik ChatGPT Baru Saja Memecat CEO-nya

Perusahaan di Balik ChatGPT Baru Saja Memecat CEO-nya

Dalam sebuah langkah yang tidak terduga, OpenAI hari ini mengumumkan bahwa mereka telah memecat Sam Altman sebagai CEO.

Dalam sebuah posting blog, perusahaan mengungkapkan bahwa Altman meninggalkan perusahaan setelah “proses peninjauan yang penuh pertimbangan” oleh dewan direksi perusahaan. Chief Technology Officer OpenAI, Mira Murati, telah ditunjuk sebagai CEO sementara, sementara pencarian “pengganti permanen” Altman sedang berlangsung.

“Kepergian Altman menyusul proses peninjauan yang dilakukan oleh dewan, yang menyimpulkan bahwa ia tidak secara konsisten berterus terang dalam komunikasinya dengan dewan, sehingga menghambat kemampuannya untuk menjalankan tanggung jawabnya,” tulis perusahaan. “Dewan tidak lagi percaya pada kemampuannya untuk terus memimpin OpenAI.”

Seorang juru bicara Microsoft mengatakan kepada IGN bahwa perusahaan akan terus bekerja sama dengan OpenAI, meskipun Altman telah dipecat. Raksasa teknologi ini mengumumkan awal tahun ini bahwa mereka melakukan investasi jutaan dolar ke OpenAI.

Altman, bersama dengan individu lainnya, termasuk pengusaha teknologi Elon Musk, mendirikan OpenAI pada tahun 2015. Altman dan Musk menjabat sebagai co-chair perusahaan sebelum Musk mengundurkan diri pada tahun 2018. Posisi lain yang pernah dipegang Atlman adalah sebagai CEO Reddit.

Pengumuman ini cukup mengejutkan, karena Atlman bukan hanya CEO tetapi juga wajah yang paling dikenal dari perusahaan teknologi di balik chatbot AI ChatGPT yang sangat populer, di mana perusahaan ini merupakan salah satu alasan utama yang menyebabkan ledakan AI di industri teknologi selama setahun terakhir.

Minggu lalu, OpenAI mengadakan konferensi Dev Day perdananya, di mana Atlman menjadi pembicara utama. Selama acara berlangsung, banyak sekali berita dan pengumuman yang disampaikan, termasuk etalase digital baru yang akan menjual bot GPT khusus.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi AI Week, ulasan komprehensif kami tentang bagaimana AI akan berdampak pada game, teknologi, hiburan, dan banyak lagi.

Artikel Terkait: