Penjualan Chip AI Nividia di China dibataskan oleh Sanksi Amerika, tapi Pengiriman GPU Gaming meningkat

Penjualan Chip AI Nividia di China dibataskan oleh Sanksi Amerika, tapi Pengiriman GPU Gaming meningkat

Sanksi Amerika memaksa Nvidia untuk turun ke peringkat 2 pada Penjualan Chip AI di pasar China, Tapi Penjualan GPU Masih saja Tinggi

Laporan Ekslusif datang dari Reuters, Nvidia telah turun dari Peringkat 1 dalam Penjualan Chip AI China mengikuti Pengeluaran Sanksi Legal Nvidia H20, yang kalah performa di bandingkan buatan China Huawei Ascend 910B. Dikabarkan Huawei Ascend 910B ini 10% Lebih cepat pada Pekerjaan AI daripada buatan Nvidia H20

Masalah Performa ini ditambah dengan bermasalahnya Suplay Nvidia dan Pembatasan Sanksi telah memaksa untuk menurunkan harga H20 lebih dari 10 Persen di pasar China. salah satu Perusahaan yang masih mendukung Nvidia di China adalah Alibaba yang memesan Chip Nvidia H20 lebih dari 30.000
Para Distributor menjual H20 di harga 100.000 Yuan, berbanding Huawei 910B yang bisa melebihi 120.000 Yuan per unit
Dylan Patel penemu SemiAnalysis menambahkan bahwa “H20 memiliki harga lebih mahal dari H100 untuk diproduksi karna Kapasitas Memori yang lebih besar.”

Selain menghadapi sanksi dan margin tipis yang dihasilkan, Nvidia juga harus menghadapi dorongan pemerintah China agar perusahaan China membeli dari Huawei terlebih dahulu. Dengan informasi ini, Huawei diperkirakan akan “secara dramatis meningkatkan” pengiriman Ascend 910B mereka.

CFO Nvidia, Colette Kress, mencatat bahwa “Pendapatan pusat data kami di China turun signifikan dari level sebelum” sanksi baru diterapkan, dan mereka “memperkirakan pasar di China akan tetap sangat kompetitif ke depannya.”

Ada kabar baik untuk Nvidia, situs berita China MyDrivers, mengutip Bobantang, mengklaim bahwa pasokan GPU gaming RTX ke China telah meningkat setidaknya 30% sejak Mei. Ini jelas lebih berorientasi konsumen daripada chip AI, tetapi tentu saja, GPU Nvidia adalah akselerator AI yang sangat memadai untuk sebagian besar pengguna dan bisnis kecil.

Sayangnya bagi Nvidia, uang besar jelas ada di ruang server dan pusat data AI, dan politik dunia telah secara brutal menendang mereka dari Tahta Raja Teratas di China. Bahkan jika Nvidia H20 mengungguli Huawei 910B, masalah biaya produksi yang disebutkan di atas dan margin yang lebih tipis akan tetap membuat kemenangan ini sedikit seperti kemenangan Pyrrhic.

Artikel Terkait: